Abstract:
Tahun 2020 ini adalah tahun yang berat bagi dunia pendidikan. Karena
terdapat pandemic yang manghalangi siswa bertatap muka di Lembaga sekolah
masing-masing. setiap sekolah yang berada pada zona merah tidak diperbolehkan
masuk untuk bertatap muka dengan siswa. untuk memutus rantai pandemi ini
pemerintah kota batu meminta pada setiap lembaga pendidikan untuk belajar dari
rumah menggunakan teknologi pemebelajaran sesuai dengan anjjran Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.
Dalam penerapan pembelajaran PAI kelas 10 daring yang dipilih guru
SMKN 03 Kota Batu adalah penugasan yang menggunakan Google Classroom
sebagai medianya. Guru menggunakan media ini karena di rasakan mudah dalam
membagikan tugas menyesuaikan dengan kebutuhan guru. Dalam observasi awal
yang dilakukan peneliti terdapat kurang lebih dari 6 siswa dari 23 siswa yang
tidak mengumpulkan tugas sesuai dengan tenggat waktu.
Dari latar belakang yang dikemukakan peneliti diatas dapat disimpulkan
bahwa rumusan masalah dalam penelitian kali ini adalah: rancangan metode
penugasan melalui Google Classroom , penerapan metode penugasan melalui
Google Classroom, dan efektifitas hasil metode penugasan melalui Google
Classroom dalam pemblejaran PAI Kelas X C Multimedia SMKN 03 Batu.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan rancangan metode
penugasan melalui Google Classroom , penerapan metode penugasan melalui
Google Classroom, dan efektifitas hasil metode penugasan melalui Google
Classroom dalam pemblejaran PAI Kelas X C Multimedia SMKN 03 Batu
Untuk mencapai tujuan penelitian ini peneliti nmenggunakan jenis
penelitian Kualitatif. Prosedur pengupulan data dilakukan dengan metode
observasi, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Observasi digunakan
untuk mengetahui bagaimana interaksi atau aktivitas yangterdapat pada kelas
virtual melalui Google ClassroomWawancara yang dipilih menyesuaikan dengan
subject, dan data yang didapat saat wawancara digunakna untuk melengkapi data
observai dan dokumentasi. Dokumentasi digunakna untuk melengkapi informasi
yang perlu bukti real.
Dan berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa rancangan
metode penugasan yang dilakukan guru adalah mnegubah RPP sesuai dengan
kelas online dan menyiapkan akun Google Classroom. Tidak hanya itu guru juga
menyiapkan materi dan juga soal menyesuaikan pemahaman siswa. dalam
12
penerapannya siswa dan guru mengalami banyak kendala mulai dari pemehaman
tidak sesuai kemampuan siswa karena meteri yang kebanyakan berupa video dan
juga siswa yang terbiasa bertatap muka. Siswa juga banyak yang terkendala oleh
sinyal yang kurang bagus, ataupun paket data yang habis. Guru juga sulit
dihubungi melalui Google Classroom sehingga siswa harus menghubungi melalui
WA.
Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran adalah sekolah harus
membangun komunikasi dengan Guru mata pelajaran karena bagaimanapun yang
mengetahui bagaimana kendala dan karakter siswanya adalah guru sehingga siswa
bisa mendapat hasil yang sesuai dengan kemampuan siswa itu sendiri.