Peran Literasi Digital dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas XI IIS 01 SMAI AL MAARIF Singosari Malang
Abstract
Literasi digital saat ini merupakan hal yang sudah menjadi kebutuhan
sehari-hari. Kemajuan teknologi informasi berbasis digital sudah dapat dirasakan
oleh seluruh rakyat Indonesia, begitu pula di daerah-daerah terpencil untuk
mengakses informasi melalui media digital.
Penggunaan media digital sebagai sarana pembelajaran Pendidikan Agama
Islam di kelas XI IIS 01 SMAI AL MAARIF Singosari Malang tidak luput dari
permasalahan kemampuan peserta didik dalam mengoprasikan media digital
dengan baik seperti adanya praktik copy paste file.
Berdasarkan konteks penelitian di atas maka peneliti merumuskan fokus
penelitian, yaitu tentang perencanaan literasi digital pada pembelajaran
pendidikan agama islam, penerapan literasi digital pada pembelajaran pendidikan
agama islam, dan peran literasi digital pada pembelajaran pendidikan agama
islam.
Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
perencanaan literasi digital pada pembelajaran pendidikan agama islam, untuk
mendeskripsikan penerapan literasi digital pada pembelajaran pendidikan agama
islam, dan untuk mendeskripsikan peran literasi digital pada pembelajaran
pendidikan agama islam.
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian dilakukan menggunakan
pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus, teknik pengumpulan
data dilakukan dengan metode observasi partisipasi pasif, wawancara tidak
terstruktur dan dokumentasi, teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, dan pengecekan
keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, triangulasi sumber
dan triangulasi teknik, dan diskusi teman sejawat.
Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan peneliti bahwasannya
perencanaan literasi digital dimulai dengan merumuskan tujuan pembelajaran
yaitu menfokuskan kemampuan peserta didik dalam memanfaatkan media digital
yang tersedia untuk memudahkan tercapainya tujuan dan memudahkan penerapan
strategi pembelajaran pendidikan agama islam, sedangkan strategi yang
digunakan dalam kegiatan belajar mengajar adalah strategi pemecahan masalah
yaitu memahami masalah, membuat rencana untuk menyelesaikannya, dan
pemberian tugas dilakukan dengan membuat video pendek dan powerpoint
tentang masalah yang telah diidentifikasi.
Literasi digital sering diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas
XI IIS 01 SMAI AL MAARIF Singosari Malang, penerapan literasi digital
dikemas dalam metode Discovery Learning yaitu pemberian stimulus untuk
mencari referensi yang sesuai tema, kemudian mengidentifikasi masalah,
kemudian pencarian itu dipaparkan lalu dibahas bersama-sama.
Literasi digital memiliki peran yang sangat penting dalam tercapainya
tujuan belajar dan mampu meningkatkan motivasi belajar, literasi digital mampu
memperkaya wawasan digital peserta didik karena mendorong peserta didik untuk
mencari informasi melalui berbagai sumber referensi, namun dalam mencari
sumber referensi, peserta didik harus berada dalam pengawasan guru agar
terhindar dari kesalahan pemahaman dan timbulnya indikasi destruktif seperti
copy paste file.
Faktor-faktor yang mendukung literasi digital dalam meningkatkan
pembelajaran pendidikan agama islam (PAI) yaitu sarana sekolah yang memadai
untuk memaksimalkan kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan literasi digital
seperti wifi, Hotspot Area, dan Multimedia Class, kondisi lingkungan yang cocok
untuk mengembangkan literasi digital di SMAI AL MAARIF Singosari Malang
dimanfaatkan dengan mengadakan program khusus SMAI AL MAARIF yaitu IT
(PRODISTIK), sedangkan faktor-faktor yang menghambat literasi digital yaitu
kondisi sebagian siswa yang bermukim di pesantren sehingga membatasi ruang
gerak siswa dalam mengakses referensi digital, tidak meratanya kompetensi siswa
dalam menganalisis dan kurangnya kedisiplin siswa dalam mengerjakan literasi
sesuai waktu sehingga menghambat rencana ketuntasan kegiatan belajar mengajar
(KBM).