Show simple item record

dc.contributor.authorRohmawati, Izza Audia
dc.date.accessioned2020-12-21T04:48:42Z
dc.date.available2020-12-21T04:48:42Z
dc.date.issued2020-06-23
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1092
dc.description.abstractPendidikan merupakan salah satu cara untuk membentuk generasi yang berkualitas, dalam implementasi sekolah tidak dapat diaplikasikan tanpa adanya guru atau pendidik, tergantung dari kreatifitas guru masing-masing dalam melaksanakan program yang telah dibuat. Hal tersebut yang melatar belakangi SDN Temas 01 Batu agar siswa dapat melestarikan dan mengetahui akan budaya jawa. Pada implementasi kearifan lokal “sedinten berbudaya jawi” di SDN Temas 01 Batu, dalam observasi peneliti memjumpai pembiasaan berbudaya jawi yang dilakukan seminggu sekali pada hari kamis, bentuk yang di implementasikan berupa pembiasaan pakaian jawa dan membiasakan etika berbahasa krama. Dari konteks penelitian diatas, maka peneliti merumuskan fokus yakni bebntuk-bentuk kearifan lokal “sedinten berbudaya jawi”, implementasi kearifan lokal “sedinten berbudaya jawi” dan faktor pendukung dan faktor penghambat kearifan lokal “sedinten berbudaya jawi” di SDN Temas 01 Batu. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kearifan lokal dalm “sedinten berbudaya jawi”, mendeskripsikan implementasi kearifan lokal dalam “sedinten berbudaya jawi”, dan mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat kearifan lokal di SDN Temas 01 Batu. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini siswa dan seluruh guru. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Instrumen Metode analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif melalui proses pereduksian data, penyajian data penarikan kesimpulan. Sedangkan, uji keabsahan data menggunakan perpanjangan kehadiran, triangulasi, diskusi dengan teman sejawat. Dari hasil temuan implementasikan kearifan lokal “sedinten berbudaya jawi” dapat disimpulkan bahwa: (1). Bentuk-bentuk kearifan lokal “sedinten berbudaya jawi” di SDN Temas 01 Batu yang merupakan tema di SDN Temas 01 Batu yang menjadi salah satu bentuk pembinaan dalam penerapan budaya jawa dilingkungan sekolah. Program pembiasaan dilaksanakan dalam sehari dalam seminggu pada hari kamis. Bentuk yang dikembangkan dalam sedinten berbudaya jawi meliputi Pakaian adat jawa dan pembiasaan bahasa jawa krama. Sehingga kegiatan tersebut dapat meningkatkan pemaham siswa tentang akan cintanya kepada budayanya sendiri. (2). Implementasi kearifan lokal “sedinten berbudaya jawi” di SDN Temas 01 Baatu, terdiri dari dua pembiasaan, yaitu meningkatkan etika berpakaian jawa dan pembiasaan etika berbicara jawa krama. Setelah di adakan pembiasan. Pembiasaan maka siswa mempunyai akhlak dan tutur kata yang baik dan sopan santun dalammengembangkan kebudayaannya, sehingga bisa dipraktekan disekolah maupun dilingkungan masyarakat. (3). Faktor pendukung dan faktor penghambat di SDN Temas 01 Batu yaitu adanya faktor pendukung yang berupa dukungan orang tua dalam kegiatan sekolah, sarana prasarana dan juga dukungan siswa yang mayoritas dari jawa sehingga sedikit demi sedikit sudah dapat mnegetahuinnya. Sedangkan dalam implementasi kearifan lokal pasti juga akan ada penghambat dalam program itu, faktor penghambatnya seperti sulitnya pemahaman siswa yang baru masuk sekolah tersebut, dan kurangnya kedisiplinan siswa serta kurangnya pendampingan guru terhadap siswa. Sehingga hal tersebut dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadapa budaya jawi yang saat ini sudah tergusur oleh globalisasi. Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu tentang bagaimana usaha yang dilakukan sekolah untuk lebih meningkatkan implementasi kearifan lokal dalam sedinten berbudaya jawi yang diterapakan kepada siswa dan guru agar lebih baik dan tetap konsisten untuk dijalankan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKearifan Lokalen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectFaktor-Faktoren_US
dc.titleImplementasi Kearifan Lokal “Sedinten Berbudaya Jawi” di SD Negeri Temas 01 Batuen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record