Show simple item record

dc.contributor.authorRosyidah, Nida
dc.date.accessioned2020-12-21T04:50:58Z
dc.date.available2020-12-21T04:50:58Z
dc.date.issued2020-06-27
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1095
dc.description.abstractPendidikan karakter penting untuk diterapkan dalam diri para pelajar sedini mungkin dan secara berkelanjutan. Pendidikan karakter harus diterapkan pada semua jenjang pendidikan, namun porsi yang lebih besar harus diberikan pada jenjang SD dibandingkan dengan jenjang pendidikan lainnya. Hal itu karena siswa SD masih belum terkontaminasi oleh sifat-sifat yang kurang baik sehingga sangat memungkinkan untuk ditanamkan budi pekerti atau karakter luhur bangsa kita yang pada akhirnya melekat dijiwa anak-anak hingga nanti mereka dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)Mendeskripsikan penerapan model pendidikan karakter di SDI Bani Hasyim Singosari Malang (2) Mendeskripsikan karakter yang muncul di SDI Bani Hasyim Singosari Malang (3) Mendeskripsikan efektivitas model pendidikan karakter di SDI Bani Hasyim singosari Malang. Mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisa data penulis menggunakan deskriptif kualitatif dengan mereduksi data kemudian secara fleksibel agar menjawab rumusan masalah yang ada. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Penerapan model pendidikan karakter di SDI Bani Hasyim yaitu dengan Kurikulum Bani Hasyim yang berbasis Program Keluarga yang sudah di terapkan dari tahun 2019, ada 19 program yaitu program ketundukukan, program tahfidz, program puasa Sunnah, program kajian keislaman, program doa bersama, program sosial amaliah, program tholabul ilm, program senandung kebangsaan, program permainan tradisional,program tokoh ilmuan, program khalifah, program budaya, program hidup bersih, program zero waste, program lingkungan hidup, program outbound dan olahraga, program khusus,program kreativitas dan program psikologi catur (2) Karakter siswa di Bani Hasyim dapat dilihat melalui program-program yang ada seperti program ketundukan yang akan memunculkan nilai religious bagaimana siswa dapat beribadah dengan baim dan benar, program sosial amaliah yang akan memunculkan nilai peduli sosial bagiamana siswa mampu berempati dengan lingkungan sosialnya,dll. (3) efektivitas modal pendidikan karakter dapat dilihat dari beberapa faktor yaitu fakor pendukung antara lain komunikasi yang dilakukan secara rutin, kerja sama antara kepala sekolah dan guru, sarana dan prasarana kemudian selain faktor pendukung terdapat juga faktor penghambat yaitu kesiapan peserta didik, faktor partisipasi orang tua dan lingkungan sekitar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectModel Pendidikan Karakteren_US
dc.subjectSDI Bani Hasyimen_US
dc.titleModel Pendidikan Karakter di SDI Bani Hasyim Singosari Kota Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record