Show simple item record

dc.contributor.authorKarimah, Dinatul Nur
dc.date.accessioned2020-12-21T04:52:31Z
dc.date.available2020-12-21T04:52:31Z
dc.date.issued2020-08-04
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1097
dc.description.abstractPendidikan yang bermutu merupakan kunci untuk membangun manusia yang kompeten dan menghasilkan lulusan sesuai yang diharapkan. Dalam mewujudkan pendidikan yang bermutu, perlu diterapkan program-program yang terfokus pada upaya penyempurnaan mutu dan kegiatan pendidikan di sekolah. Kepala sekolah sebagai seorang pemimpin mempunyai tugas dan tanggung jawab terhadap penyelenggaraan pendidikan pada lembaganya. Tinggi rendahnya mutu pendidikan di sekolah tidak hanya ditentukan oleh guru dan kompetensinya, tetapi juga ditentukan oleh strategi atau upaya kepala sekolah dalam melaksanakan kepemimpinannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan kepala SDN 02 Argosuko Poncokusumo dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif berupa kata-kata. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data utama dalam penelitian ini ialah berupa kata-kata dan selebihnya dari dokumen dan lain-lain. Sumber data utama diperoleh dari subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah strategi yang digunakan kepala SDN 02 Argosuko Poncokusumo untuk meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan, yaitu: standar isi yang meliputi penyusunan dan pengembangan kurikulum sesuai kebutuhan, standar proses dengan penyusunan RPP serta pelaksanaan berbagai program seperti mengikutsertakan guru dalam kegiatan workshop atau seminar, standar pendidik dan tenaga kependidikan dengan melakukan seleksi penerimaan tenaga pendidik maupun kependidikan dengan kriteria minimal S1, standar sarana dan prasarana dengan cukup memadainya sumber belajar yang dapat menunjang keberhasilan proses belajar mengajar. Adapun kendala yang dialami kepala sekolah dalam menerapkan strategi ini, yaitu: kurangnya kedisiplinan guru dan keterbatasan sarana prasarana.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectStrategi Kepala Sekolahen_US
dc.subjectMutu Pendidikanen_US
dc.subjectPrincipal’s Strategyen_US
dc.subjectQuality of Educationen_US
dc.titleStrategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN 02 Argosuko Poncokusumoen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record