Show simple item record

dc.contributor.authorZuhri, Ahmad Syaifudin
dc.date.accessioned2020-12-22T01:59:15Z
dc.date.available2020-12-22T01:59:15Z
dc.date.issued2020-07-01
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1105
dc.description.abstractKepribadian Generasi melenial saat ini sangat diperlukan nya sebuah terobosan baru dalam dunia pendidikan. Adanya sebuah program besar dari pemerintah mengenai K13 menjadi sebuah acuan pendidikan agar menanamkan nilai budi pekerti dan karakter untuk menghadapi masa depan dengan tantangan peserta didik di sibukkan dengan dunia media sosial enggan melihat lingkungan sekitarnya, menjadi orang yang tidak peka di sekelingnya, terlalu individualis. Adanya sebuah inovasi baru dari lembaga pendidikan smks nurul haromain menjadikan sebuah metode khidmah pelyanan sebagai solusi bagi peserta didik yang ada di sekolah tersebut. Hal yang menarik dari metode ini yang mana asing di pendidikan formal yang mene sangat meaanrik untuk di kaji. Dari latar belakang tersebut maka peneliti merumuskan masalah yaitu bagaimana konsep dari metode khidmah tersebut lalu bagaimana pengimplementasian metode khidmah terhadap pembentukan kepribadian dan dampak positif dan negatid dari metode yang di ajarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dari konsep yang di terapkan lalu implementasi metode terhadap pembentukan kepribadian dan dampak positif dan negatif dari pengaplikasian yang sudah di jalankan dalam pembelajaran. Pendekatan yang digunakan yakni pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya yaitu studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipatif, wawancara tidak berstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap dari Miles dan Huberman yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing/verification. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan waktu pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Dalam penelitian ini, konsep dari metode khidmah merupakan sebuah rancangan khusus yang mana di rumuskan oleh pengurus sekolah dikarenakan adanya sebuah latar belakang dari peserta didik yang itu kebanyakan dari pesantren. Dengan memberi sebuah materi khusus yang di susun oleh guru pendidikan agama islam dan peran dari guru guru sekolah, adanya sebuah aturan dan sebuah penjadwalan melayani sesama teman, merupakan sebuah konsep yang sangat efektif dan efisien. Bedasarkan konsep tersebut adanya implementasi dari metode khidmah terhadap pembentuntukan kepribadian peserta didik di ajarkan apa yang sudah menjadi pembiasaan menjadi sebuah hal yang baik, adapun peran guru, staf, dan peserta didik menuntut agar membuat lingkungan yang baik. Karena lingkungan yang baik membentuk sesuatu yang baik pula dan jiga menjadi peran pembantu untuk menciptakan sebuah pembelajaran yang ingin di capai. Dari pembiasaan dan lingkungan yang baik harapan munculnya sebuah kesadaran dari pribadi masing – masing peserta didik menjadi sebuah tujuan dari metode khidmah ini. Dampak positif dari metode tersebut menjadikan peserta didik lebih peka terhadap lingkungan sekitar, peduli terhadap sesama, rendah hati dan selalu memulyakan orang yang disekitarnya. Sedangkan dampak negativnya dimana adanya pendampingan khusus yang mana di tunjukan kepada peserta didik yang memang ada latar belakang atau sifat yang berbeda dengan yang lain nya. Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran adalah agar dari perumusan metode khidmah ini lebih di kembangkan lagi dikarenakan tantangan dunia pendidkan selalu ada saja masalahnya, selain itu kepada guru agar lebih meningkatkannya apa yang menjadi sebuah pencontohan keaada peserta didik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectMetode Khidmahen_US
dc.subjectPembentukan Pepribadianen_US
dc.titleImplementasi Metode Khidmah terhadap Pembentukan Kepribadian Peserta Didik di SMKS Nurul Haromain Pujon Kab Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record