Implementasi Metode Khidmah terhadap Pembentukan Kepribadian Peserta Didik di SMKS Nurul Haromain Pujon Kab Malang
Abstract
Kepribadian Generasi melenial saat ini sangat diperlukan nya sebuah
terobosan baru dalam dunia pendidikan. Adanya sebuah program besar dari
pemerintah mengenai K13 menjadi sebuah acuan pendidikan agar menanamkan
nilai budi pekerti dan karakter untuk menghadapi masa depan dengan tantangan
peserta didik di sibukkan dengan dunia media sosial enggan melihat lingkungan
sekitarnya, menjadi orang yang tidak peka di sekelingnya, terlalu individualis.
Adanya sebuah inovasi baru dari lembaga pendidikan smks nurul haromain
menjadikan sebuah metode khidmah pelyanan sebagai solusi bagi peserta didik
yang ada di sekolah tersebut. Hal yang menarik dari metode ini yang mana asing
di pendidikan formal yang mene sangat meaanrik untuk di kaji.
Dari latar belakang tersebut maka peneliti merumuskan masalah yaitu
bagaimana konsep dari metode khidmah tersebut lalu bagaimana
pengimplementasian metode khidmah terhadap pembentukan kepribadian dan
dampak positif dan negatid dari metode yang di ajarkan. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengkaji dari konsep yang di terapkan lalu implementasi metode
terhadap pembentukan kepribadian dan dampak positif dan negatif dari
pengaplikasian yang sudah di jalankan dalam pembelajaran.
Pendekatan yang digunakan yakni pendekatan kualitatif, sedangkan jenis
penelitiannya yaitu studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi
partisipatif, wawancara tidak berstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan tiga tahap dari Miles dan Huberman yaitu data reduction (reduksi
data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing/verification.
Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan waktu
pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan pengecekan teman
sejawat.
Dalam penelitian ini, konsep dari metode khidmah merupakan sebuah
rancangan khusus yang mana di rumuskan oleh pengurus sekolah dikarenakan
adanya sebuah latar belakang dari peserta didik yang itu kebanyakan dari
pesantren. Dengan memberi sebuah materi khusus yang di susun oleh guru
pendidikan agama islam dan peran dari guru guru sekolah, adanya sebuah aturan
dan sebuah penjadwalan melayani sesama teman, merupakan sebuah konsep
yang sangat efektif dan efisien.
Bedasarkan konsep tersebut adanya implementasi dari metode khidmah
terhadap pembentuntukan kepribadian peserta didik di ajarkan apa yang sudah
menjadi pembiasaan menjadi sebuah hal yang baik, adapun peran guru, staf, dan
peserta didik menuntut agar membuat lingkungan yang baik. Karena lingkungan
yang baik membentuk sesuatu yang baik pula dan jiga menjadi peran pembantu
untuk menciptakan sebuah pembelajaran yang ingin di capai. Dari pembiasaan
dan lingkungan yang baik harapan munculnya sebuah kesadaran dari pribadi
masing – masing peserta didik menjadi sebuah tujuan dari metode khidmah ini.
Dampak positif dari metode tersebut menjadikan peserta didik lebih peka
terhadap lingkungan sekitar, peduli terhadap sesama, rendah hati dan selalu
memulyakan orang yang disekitarnya. Sedangkan dampak negativnya dimana
adanya pendampingan khusus yang mana di tunjukan kepada peserta didik yang
memang ada latar belakang atau sifat yang berbeda dengan yang lain nya.
Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran adalah agar dari perumusan
metode khidmah ini lebih di kembangkan lagi dikarenakan tantangan dunia
pendidkan selalu ada saja masalahnya, selain itu kepada guru agar lebih
meningkatkannya apa yang menjadi sebuah pencontohan keaada peserta didik.