View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Profil Kyai Ahsin Suyudi dalam Mengembangkan Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Al Ishlah Madiredo

Thumbnail
View/Open
Cover, Abstrak, Bab I, Bab VI, Daftar Pustaka (1.471Mb)
Date
2020-07-27
Author
Muttaqin, Ahsanul
Metadata
Show full item record
Abstract
Pondok pesantren tentu tidak lepas dari kata kyai sebab kyai menjadi salah satu unsur yang penting di dalam sebuah pondok pesantren, dimana unsur- unsur lainya seperti santri, masjid, pondok dan juga kitab kuning. permasalahan atau tantangan ini yang muncul ialah apakah pesantren dalam menentukan kurikulum harus menyesuaikan pada tuntutan zaman sekarang atau justru mampu mempertahankan sistem salafiah sebagai ciri khas dari pesantren tersebut maka dalam hal itu diperlukan peran kyai dipondok pesantren menjadi lembaga yang berupaya menanamkan nilainilai islam dalam dunia para santri. Kyai Ahsin Suyudi adalah sosok Kyai yang dekat dengan para santri, beliau tidak hanya menjadi sosok guru, namun menjadi sosok ayah yang dapat mengayomi serta memberi perhatian lebih kepada semua santrinya. Kyai Ahsin Suyudi tak hanya memberikan pelajaran secara tertulis dan tausiyah, beliau juga memberikan pendidikan lewat suri tauladan dalam kehidupan sehari-hari yang merupakan ciri keistimewaan beliau, yang jarang dilakukan oleh kebanyakan dipesantren lain. Berdasarkan gambaran yang dikemukakan diatas maka peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Profil Kyai Ahsin Suyudi Dalam Mengembangkan Pendidikan Islam Di Pondok Pesantren Al Ishlah Madiredo”. Dari latar belakang penelitian diatas, Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tipe kepemimpinan kyai Ahsin suyudi, visi kyai Ahsin Suyudi dalam mengembangkan pendidikan islam, langkah kyai Ahsin Suyudi dalam mengembangkan pendidikan islam, model kyai Ahsin Suyudi dalam mengembangkan pendidikan islam. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dgunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan beberapa teknik yaitu perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan dan trigulasi. Berdasarkan dari peneliti yang telah dilakukan peneliti terkait profil kyai Ahsin Suyudi dalam mengembangkan pendidikan islam dipondok pesantren Al Ishlah Madiredo. dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) tipe kepemimpinan Kyai Ahsin Suyudi, mempunyai tipe kepemimpinan demokratis sebagai sosok yang tegas, bijaksana dalam mengajardan mendidik santrinya. Serta tegas dalam mengambil keputusan dalam suatu permasalahan secara musyawarah dan tipe kepemimpinan kharismatik pemimpin memiliki daya Tarik tersendiri dan mempunyai kesederhanaan dalam kehidupan sehari-hari suri tauladan yang baik. 2) Membentuk karakter manusia supaya menjadi orang yang bertaqwa beriman dan berakhlakul karimah dalam segi mendidiknya lebih mengutamakan akhlaqnya, suri tauladan yang baik beliau menanamkan agama islam ke hati para santri melalui tauladan jadi beliau menunjukan, mengajarkan sekaligus mencontohkanya. sehingga santri mempunyai iman dan taqwa yang kokoh. 3) Masih mempertahankan sistem lama diniah salafiah agar mengetahui hukum yang asli pada kitab kuning. Adapun kegiatan: taklim, diniah, manaqib, binadhor, ngaji mingguan. 4) ceramah, sorogan kitab kuning melalui madrasah diniah salafiah sesuai kebutuhan muridnya sesuai dengan jenjang masing-masing juga masih menggunakan metode bandongan dimana kyai membaca sementara santrinya memberi tanda yang dibaca kyai. Metode wetonan dimana kyai membaca kitab sementara santrinya menyimak dan mendengarkan. Metode sorogan dimana kyai menyampaikan pembelajaran secara individual.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1106
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group