Implementasi Joyfull Learning dengan Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Kota Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Aqil, M Saiful
dc.date.accessioned 2020-12-22T02:03:03Z
dc.date.available 2020-12-22T02:03:03Z
dc.date.issued 2020-07-20
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1109
dc.description.abstract Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di setiap sekolah seringkali menjadi mata pelajaran yang dianggap membosankan dan penuh dengan ceramah agama dari guru kepada peserta didik, begitu juga di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 kota Malang. Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti harus bisa disampaikan dengan baik dan menyenangkan sehingga materi dapat dipahami dengan baik oleh peserta didik. Proses pembelajaran bisa berjalan dengan efektif apabila kegiatan pembelajaran yang diterapkan oleh guru dikelas mampu menumbuhkan gairah peserta didik untuk belajar. Dengan implementasi Joyfull Learning dengan Metode Mind Mapping dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sebagai usaha yang dilakukan oleh guru untuk membuat pembelajaran menjadi optimal dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan efektif dan efisien. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang Implementasi, langkah-langkah, serta faktor pendukung dan penghambat Joyfull Learning dengan Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 kota Malang. Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif. Sumber data penelitian meliputi guru, peserta didik, WAKA kurikulum serta dokumentasi yang terkait. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi data penelitian. Implementasi Joyfull Learning dengan Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 kota Malang oleh guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dikelas X TKI 5 berdasarkan himbauan dari WAKA kurikulum untuk membuat pembelajaran di kelas tidak jauh bedanya dengan kegiatan praktikum di bengkel atau laboratorium. Implementasi Joyfull Learning dengan Metode Mind Mapping dilakukan dengan langkah-langkah berupa tahap pembuka, tahap inti dan tahap penutup yang sudah dirancang sebelumnya dalam Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Faktor pendukung dan penghambat Implementasi Joyfull Learning dengan Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berasal dari 1) Faktor Guru, 2) Faktor Peserta Didik, 3) Faktor Sarana dan Prasarana, 4) Faktor Lingkungan Sekolah, 5) Faktor Alokasi Jam Pembelajaran, 6) Faktor Kejadian Luar Biasa (Pandemi COVID-19). Hal-hal yang masih perlu diperhatikan sebagai saran mengenai Implementasi Joyfull Learning dengan Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 kota Malang kedepannya yaitu dengan mengembangkan dan selalu melakukan inovasi pembelajaran yang berbasis Student Centered Learning sesuai dengan perkembangan zaman, serta penelitian selanjutnya mengenai sejauh mana pengaruh Implementasi Joyfull Learning dengan Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Joyfull Learning en_US
dc.subject Mind Mapping en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Menyenangkan en_US
dc.title Implementasi Joyfull Learning dengan Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Kota Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account