Implementasi Joyfull Learning dengan Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Kota Malang
Abstract
Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di setiap
sekolah seringkali menjadi mata pelajaran yang dianggap membosankan dan
penuh dengan ceramah agama dari guru kepada peserta didik, begitu juga di
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 kota Malang. Mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti harus bisa disampaikan dengan baik dan
menyenangkan sehingga materi dapat dipahami dengan baik oleh peserta didik.
Proses pembelajaran bisa berjalan dengan efektif apabila kegiatan pembelajaran
yang diterapkan oleh guru dikelas mampu menumbuhkan gairah peserta didik
untuk belajar. Dengan implementasi Joyfull Learning dengan Metode Mind
Mapping dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sebagai
usaha yang dilakukan oleh guru untuk membuat pembelajaran menjadi optimal
dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan efektif dan efisien.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang Implementasi,
langkah-langkah, serta faktor pendukung dan penghambat Joyfull Learning
dengan Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 kota Malang. Dalam
melakukan penelitian ini penulis menggunakan pendekatan dan jenis penelitian
kualitatif. Sumber data penelitian meliputi guru, peserta didik, WAKA kurikulum
serta dokumentasi yang terkait. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi data penelitian.
Implementasi Joyfull Learning dengan Metode Mind Mapping dalam
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah
Kejuruan Negeri 5 kota Malang oleh guru mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti dikelas X TKI 5 berdasarkan himbauan dari WAKA
kurikulum untuk membuat pembelajaran di kelas tidak jauh bedanya dengan
kegiatan praktikum di bengkel atau laboratorium. Implementasi Joyfull Learning
dengan Metode Mind Mapping dilakukan dengan langkah-langkah berupa tahap
pembuka, tahap inti dan tahap penutup yang sudah dirancang sebelumnya dalam
Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Faktor pendukung dan penghambat
Implementasi Joyfull Learning dengan Metode Mind Mapping dalam
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berasal dari 1) Faktor
Guru, 2) Faktor Peserta Didik, 3) Faktor Sarana dan Prasarana, 4) Faktor
Lingkungan Sekolah, 5) Faktor Alokasi Jam Pembelajaran, 6) Faktor Kejadian
Luar Biasa (Pandemi COVID-19).
Hal-hal yang masih perlu diperhatikan sebagai saran mengenai
Implementasi Joyfull Learning dengan Metode Mind Mapping dalam
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah
Kejuruan Negeri 5 kota Malang kedepannya yaitu dengan mengembangkan dan
selalu melakukan inovasi pembelajaran yang berbasis Student Centered Learning
sesuai dengan perkembangan zaman, serta penelitian selanjutnya mengenai sejauh
mana pengaruh Implementasi Joyfull Learning dengan Metode Mind Mapping
dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.