View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Ukhuwah Melalui Seni Musik Tradisional Hadrah Pada Lembaga Ishari di Jabung Malang

Thumbnail
View/Open
Publish (1.675Mb)
Fulltext (4.116Mb)
Date
2024-07-23
Author
Ubaidillah, Ahmad Faiz
Metadata
Show full item record
Abstract
Ikatan Seni Hadrah Indonesia (ISHARI) di Kecamatan Jabung memiliki peran yang signifikan dalam mengumpulkan warga. Sebagaimana permasalahan desa pada umumnya, begitu juga yang terjadi di Desa Jabung, Kabupaten Malang. Kerap kali terjadi gesekan persatuan dan persaudaraan. Semisal tidak rukunnya warga pasca pemilu yang diawali karena perebutan untuk menjadi tim sukses dan saling menjatuhkan yang disikapi dengan barbar baik secara langsung maupun tidak langsung, perebutan atau pembagian warisan tidak ideal, fanatik terhadap kelompok sendiri dan bersikap superior terhadap kelompok lain yang menjadikannya perselisihan antar kelompok dan berakibat seringnya saling balas dendam. Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti akan memfokuskan pembahasan dalam penelitian ini tentang ISHARI yang tidak hanya berfungsi sebagai pelestari tradisi seni Islam ini, namun juga sebagai perekat ukhuwah, utamanya ukhuwah Islamiyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan nilai-nilai pendidikan ukhuwah dalam seni musik Islam, untuk mendeskripsikan metode nilai-nilai pendidikan ukhuwah melalui kegiatan seni musik tradisional hadrah pada lembaga ISHARI di Jabung Malang dan model implementasinya. Untuk mencapai tujuan di atas, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan diakhiri penarikan kesimpulan. Lalu tahap yang paling akhir yakni pengecekan keabsahan data melalui metode perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, wawancara teman sejawat, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini yaitu peneliti menemukan ada 2 cara dalam perencanaan nilai-nilai pendidikan ukhuwah melalui seni musik tradisional dalam ISHARI, yakni musyawarah dan sosialisasi. Kemudian pelaksanaannya melalui kajian, Maulid Nabi, dan program-program yang telah disusun dalam setiap tahun. Lalu hasil implementasinya adalah dapat menanamkan rasa kebersamaan, membangun tali persaudaraan, dan mengubah kepribadian ke arah yang lebih baik. Kata Kunci: Implementasi, ISHARI, Nilai, Ukhuwah.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11127
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group