Pengaruh Media Sosial TikTok Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI di SMK Taruna Tarik Sidoarjo
Abstract
Aplikasi Tik Tok juga merupakan platfrom media sosial yang populer di kalangan remaja indonesia. Menurut data We Are Social, Tik Tok memiliki jumlah pengguna terbesar keempat di kategori media sosial setelah WhatsApp, Facebook dan Instagram. Jumlah pengguna Tik Tok pengalami pertumbuhan yang pesat, sebesar 24,4% dari 38,7% pada tahun 2022 menjadi 63,15%. Tiktok dapat menampilkan beberapa fitur menarik seperti efek khusus yang memudahkan para penggunanya untuk membuat konten di aplikasi Tik Tok semakin menarik.
Berkaitan dengan hal tersebut, motivasi belajar didefnisikan sebagai penggerak yang ada dalam diri siswa yang menimbulkan semangat belajar untuk mencapai tujuan belajar. Motivasi belajar juga dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor pendukung, yang berasal dari luar atau dalam, dan didukung oleh berbagai macam indikator yang mempengaruhi motivasi belajar tersebut. Motivasi belajar memiliki peranan yang penting dalam keberhasilan belajar seseorang, dikarenakan motivasi belajar dapat memberikan dorongan kepada siswa untuk maju secara ideal tanpa adanya tekanan dari pihak manapun. Kaitannya dengan Pendidikan Agama Islam adalah bagaimana TikTok bisa memberikan pengaruh kepada motivasi belajar siswa dalam mempelajari materi-materi Pendidikan Agama Islam.
Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah angket, dengan menggunakan metode analisis data regresi linear sederhana untuk mengetahui nilai pengaruh variabel X terhadap variabel Y.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan variabel X, yakni media sosial TikTok, memiliki pengaruh dengan nilai signifikansi sebesar 0,004. Pada tabel model summary, diketahui nilai R Square sebesar 0,262. Artinya, koefisien determinasi yang berhasil diperoleh sebesar 0,262 x 100% = 26,2%. Maka, pengaruh variabel X (media sosial TikTok) terhadap variabel Y (motivasi belajar siswa) berpengaruh sebesar 26,2%, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel yang berasal dari luar penelitian ini. Dengan demikian, media sosial TikTok memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMK Taruna Tarik Sidoarjo.
Kata Kunci : Pengaruh, Media Sosial TikTok, Motivasi Belajar, PAI