Internalisasi Nilai-Nilai Akhlaqul Karimah Kepada Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Badan Dakwah Islam di SMK Negeri 5 Malang
Abstract
Internalisasi nilai-nilai akhlaqul karimah kepada peserta didik memiliki pengaruh cukup besar dalam mengatasi kemerosotan akhlaq yang saat ini banyak terjadi terutama dikalangan usia remaja. Namun internalisasi tersebut akan kurang maksimal hasilnya jika hanya dilakukan melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam saja. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam memiliki keterbatasan waktu untuk menginternalisasikan nilai-nilai tersebut karena hanya dilaksanakan kurang lebih dua kali dalam sepekan. Sehingga dibutuhkan peran lain dari lingkungan internal sekolah yang memiliki peluang lebih besar untuk menginternalisasikan nilai-nilai tersebut. SMK Negeri 5 Malang sebagai contoh sekolah yang memiliki Ekstrakurikuler Badan Dakwah Islam, mampu tetap menunjukkan banyak prestasi peserta didiknya ditengah kemerosotan akhlaq. Ditemukan bahwa disana juga menginternalisasikan nilai-nilai akhlaqul karimah kepada peserta didiknya sehingga sekolah tersebut mampu menjadi solusi untuk perbaikan kualitas akhlaq dikalangan remaja terutama diinternal SMK Negeri 5 Malang.
Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mendeskripsikan nilai-nilai akhlaqul karimah yang diinternalisasikan kepada peserta didik melalui Ekstrakurikuler Badan Dakwah Islam SMK Negeri 5 Malang, mendeskripsikan proses internalisasi nilai-nilai akhlaqul karimah kepada peserta didik melalui Ekstrakurikuler Badan Dakwah Islam SMK Negeri 5 Malang, dan untuk mendeskripsikan hasil dari proses internalisasi nilai-nilai akhlaqul karimah kepada peserta didik melalui Ekstrakurikuler Badan Dakwah Islam SMK Negeri 5 Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus dengan tempat penelitian di SMK Negeri 5 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, penyaringan data, penyajian data, dan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi data.
Hasil penelitian yang diperoleh peneliti mengenai “Internalisasi nilai-nilai akhlaqul karimah kepada peserta didik melalui Ekstrakurikuler Badan Dakwah Islam SMK Negeri 5 Malang” adalah bahwa ada beberapa nilai akhlaqul karimah yang diinternalisasikan kepada peserta didik melalui Ekstrakurikuler Badan Dakwah Islam SMK Negeri 5 Malang diantaranya yaitu nilai sopan santun, nilai menjaga lisan, nilai tanggung jawab, nilai musyawarah dan toleransi serta nilai percaya diri. Ditemukan fakta bahwa hasil proses internalisasi nilai-nilai tersebut tidak hanya berpengaruh terhadap peserta didik internal ektrakurikuler saja, tetapi juga berpengaruh tehadap peningkatan kualitas akhlaq peserta didik SMK Negeri 5 Malang lainnya. Hal tersebut dikarenakan peserta didik Ekstrakurikuler Badan Dakwah Islam SMK Negeri 5 Malang juga dibentuk menjadi teladan dalam berakhlaqul karimah bagi teman sebayanya. Sehingga terjadi proses keteladanan antar peserta didik dengan menerapkan metode tutor teman sebaya. Selain itu ada beberapa hasil proses internalisasi nilai-nilai akhlaqul karimah berupa nilai sopan santun, menjaga lisan, tanggung jawab, musyawarah dan toleransi serta percaya diri kepada peserta didik melalui Ekstrakurikuler Badan Dakwah Islam SMK Negeri 5 Malang diantaranya adalah peserta didik mengalami perubahan kualitas akhlaq menjadi lebih baik, peserta didik menjadi terbiasa menjaga lisannya, terjadi peningkatan rasa tanggung jawab pada diri peserta didik, peserta didik menjadi menyukai kebersamaan dan lebih bisa menerima perbedaan di sekitarnya, serta peserta didik berkembang kearah yang positif.
Kata Kunci: Internalisasi, Nilai Akhlaqul karimah, Ekstrakurikuler Keagamaan