View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Membentuk Karakter Religius pada Siswa Kelas VII 15 Kota Malang

Thumbnail
View/Open
Publish (1.534Mb)
Fulltext (2.966Mb)
Date
2024-09-07
Author
Saraswati, Kurnia Dewi
Metadata
Show full item record
Abstract
Seiring dengan berkembangnya zaman serta teknologi dunia pendidikan selalu melakukan pembaharuan baik itu kurikulum metode atau sistematisnya. Di Indonesia sendiri juga selalu melakukan pembaharuan terhadap pendidikan salah satunya yaitu kurikulum. Yang mana kurikulum adalah landasan utama dalam menentukan tujuan pendidikan,isi materi,metode pengajaran,dan sistem evaluasi. Kurikulum berubah sesuai dengan tuntutan zaman dan kebutuhan peserta didik. Perkembangan kurikulum di Indonesia merupakan cerminan dari dinamikan dan evolusi pendidikan dalam menghadapi perubahan zaman dan tuntutan global. Pembaharuan kurikulum yang terus menerus diperlukan untuk menjaga relevansi dan kualitas pendidikan. Pada saat ini di Indonesia menerapkan kurikulum merdeka belajar. Yang mana kurikulum merdeka belajar ini adalah hasil dari kebutuhan akan keadaan. Yaitu dimana pada tahun 2021 indonesia dilanda dengan adanya wabah covid 19. Sehingga pemerintahan berfikir bagaimana untuk mewujudkan pembelajaran yang efektif pada saat pandemi berlangsung. Dalam implementasi kurikulum merdeka terdapat sebuah pengembangan yaitu tentang Profil Pelajar Pancasila. Yang mana Profil Pelajar Pancasila ini menjadi acuan untuk sekolah dalam mengembangkan standart isi,standart proses,dan standart penilaian. Profil Pelajar Pancasila ini memiliki enam kompetensi yang dirumuskan dengan dimensi kunci. Yang mana keenam dimensi kunci ini saling berkaitan dan menguatkan dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang utuh dan sempurna. Keenam dimensi Profil Pelajar Pancasila antara lain yaitu:1)Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, 2)Berkebinekaan Global; 3)bergotong royong; 4)bersikap mandiri; 5)bernalar kritis; 6)berpikir kreatif. Profil Pelajar Pancasila merupakan konsep untuk mewujudkan pengembangan karakter yang ada pada kurikulum merdeka. Dengan adanya P5 diharapkan mampu menguatkan karakter Profil Pelajar Pancasila utamanya karakter religius pada diri peserta didik melalui pembelajaran bebasis proyek. Dalam P5 ini sangat menekankan pada pendidikan karakter peserta didik. Dari latar belakang penelitian diatas maka peneliti merumuskan masalah,yakni tentang bagaimana sekolah dalam mewujudkan atau mengimplementasikan P5 dalam membentuk karakter religius di kelas VII SMPN 15 Malang, peran guru PAI dalam membentuk karakter religius melalui implementasi P5, serta hasil dari pembentukan karakter religius melalui P5 pada siswa kelas VII di SMPN 15 Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi P5 dalam membentuk karakter religius di kelas VII SMPN 15 Malang, peran guru PAI dalam membentuk karakter religius melalui implementasi P5, serta hasil dari pembentukan karakter religius melalui P5 pada siswa kelas VII di SMPN 15 Malang. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Yaitu dengan pengumpulan data berupa observasi,pengamatan terhadap apa yang terjadi di lapangan, metode wawancara,yaitu dengan tanya jawab atau diskusi terhadap pihak atau narasumber yang berkaitan untuk menemukan informasi dan metode dokumentasi yaitu metode pengumpulan data dengan catata,transkip,nilai,foto dan lain sebagainya. Kata Kunci:Implementasi P5,Peran Guru PAI,Karakter Religius
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11165
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group