View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Peningkatan Pemahaman Materi Haid Melalui Pembelajaran Kitab Risalatul Mahid Pada Siswi di SMPI As-Shodiq Bululawang Malang

Thumbnail
View/Open
Publish (2.016Mb)
Fulltext (2.896Mb)
Date
2024-08-24
Author
Abidah, Nahdiyatul
Metadata
Show full item record
Abstract
Sekolah memiliki peran penting dalam mencetak generasi yang mumpuni, salah satunya dengan meningkatkan karakter siswa-siswi menjadi lebih baik. Maka dari itu, dalam hal ini penguasaan di bidang akademik Pendidikan Agama Islam di SMPI As-Shodiq Bululawang Malang dirasa kurang berpengaruh, jadi sekolah menerapkan program keputrian melalui kajian kitab Risalatul Mahid yang dilaksanakan disetiap hari jumat khusus untuk siswi perempuan. Dari latar belakang diatas, maka peneliti merumuskan masalah tentang bagaimana implementasi, hasil, dan hambatan dari peningkatan pemahaman materi haid melalui pembelajaran kitab Risalatul pada siswi di SMPI As-Shodiq Bululawang Malang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan proses pembelajarannya, peningkatan hasil pemahaman siswi, dan hambatan dari peningkatan pemahaman materi haid melalui pembelajaran kitab Risalatul Mahid pada siswi di SMPI As-Shodiq Bululawang Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini tentunya mendapat sumber data dari guru pendamping 1, guru pendamping 2, waka kurikulum sekaligus guru PAI, dan siswi SMPI AsShodiq Bululawang Malang. Data ini dapat berasal dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. teknik analisis data yang digunakan yaitu, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan guru mengimpletasikan metode demonstrasi, ceramah dan tanya jawab dalam pembelajarannya. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan sebagai berikut : guru mengimpletasikan metode demonstrasi, ceramah dan tanya jawab dalam pembelajarannya . hasil dari itu siswi mendapat peningkatan pemahaman melalui kajian kitab Risalatul Mahid, para siswi menjadi lebih hati-hati dalam beribadah dll. sedangkan untuk hambatannya sendiri yaitu keterbatasan waktu yang mana pelaksanaannya hanya dilakukan sekali dalam seminggu dan juga perbedaan pemahaman dalam siswi. Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran dalam penelitian ini yaitu mengurangi kegiatan lain dihari jumat selain keputrian kajian kitab Risalatul Mahid. serta memberi dukungan kegiatan tersebut agar pemahaman siswi bisa meningkat dan siswi untuk selalu bersungguh-sungguh dalam pembelajarannya. Kata Kunci : Pemahaman, Materi Haid, Pembelajaran Kitab Risalatul Mahid
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11167
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group