Modernisasi Pendidikan Islam Nusantara dan Islam Berkemajuan di Malang (Komparasi Konsep Pendidikan Nahdlatul Ulama dan Pendidikan Muhammadiyah)
Abstract
Modernisasi merupakan suatu keadaan dari masa yang sulit ke masa baru atau istilahnya adalah “memodernkan”. Modernisasi juga bisa dikatakan dengan adaptasi antara masa lamp uke masa yang lebih maju. Pada intinya modernisasi merupakan Gerakan yang berprinsip untuk berubah lebih maju dan lebih baik dari sebelumnya.
Modernisasi pendidikan Islam di Indonesia sudah ada sejak tahun 1900-an yang memberikan dampak yang luar biasa, modernisasi terus berjalan dan menghasilkan inovasi-inovasi baru untuk mengikuti perkembangan zaman guna mempersiapkan generasi selanjutnya.
Nahdlatul Ulama lebih menekankan pada fokus pendidikan pesantren pada pengajaran kitab kuning dan Islam klasik. Metode pengajaran yang dipakai dalam Nahdlatul Ulama adalah metode pengajaran tradisional dengan talaqqi, sementara sistem yang digunakan oleh Nahdlatul Ulama yaitu dengan menekankan pada pelatihan akhlak dan pemahaman Islam secara mendalam.
Di sisi lain, Muhammadiyah lebih menggunakan kolaborasi sistem Pendidikan modern dengan kurikulum yang memadukan ilmu agama dan ilmu umum. Metode yang digunakan di Muhammadiyah cenderung lebih progresif, menggunakan pendekatan belajar mengajar aktif dan partisipatif. Muhammadiyah juga mengoperasikan berbagai Lembaga Pendidikan formal, dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi, dengan orientasi prestasi dan pembentukan karakter berbasis pada nilai-nilai. Penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun berbeda, kedua sistem Pendidikan ini berhasil melahirkan generasi yang berintegritas dan berpengetahuan luas.
Perbandingan ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai kekurangan dan kelebihan dari masing-masing sistem dan metode pendidikan Islam, serta kontribusinya terhadap terbentuknya mesyarakat Indonesia yang terdidik secara religus.
Kata Kunci: Modernisasi Pendidikan Islam, Pendidikan Islam Nahdlatul Ulama, Pendidikan Islam Muhammadiyah.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pendidikan Islam dalam Perspektif Pemikiran Zakiyah Darajat Tentang Catur Pusat Pendidikan Islam
Ftriansyah, Andy Takwin (Universitas Islam Malang, 2022-06-22)Permasalahan-permasalah dalam pendidikan yang terjadi dalam kehidupan, sehingga mengalami kemerosotan moral dan krisis identitas pada diri anak. Hal ini terlihat semakin bertambahnya anak dan remaja dalam penggunaan narkoba, ... -
Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di SMA An-Nur Bululawang Malang
Maulida, Silvia Shandra (Universitas Islam Malang, 2022-07-18)Peran guru pendidikan agama Islam merupakan komponen yang paling penting dalam peningkatan pendidikan agama Islam. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) meningkatkan mutu pendidikan Islam melalui pengembangan pembelajaran PAI. ... -
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Merdeka Belajar pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Islam Almaarif Singosari
Aini, Khumairoh Dewi Nur (Universitas Islam Malang, 2021-07-07)Suatu bangsa dikatakan berkualitas apabila maju pendidikannya, karena pendidikan adalah penentu sebuah bangsa yang berkembang dan berkualitas. Komponen utama yang melekat pada pendidikan diantaranya adalah pemilihan metode ...