Penanaman Pendidikan Karakter Religius Peserta Didik di MTs An-Nur Bululawang Kabupaten Malang
Abstract
Pendidikan karakter sangatlah penting bagi dunia pendidikan, khususnya di lingkungan sekolah. Salah satunya adalah karakter religius. Karakter religius meruupaka salah satu faktor yang sangat penting bagi dunia pendidikan. Keseimbangan antara pendidikan akademik dan pendidikan karakter bagi siswa harus diawasi oleh orang tua. Tidak dapat dipungkiri bahwasannya karakter religius merupakan karakter utama yang harus dibiasakan kepada siswa dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memiliki karakter religius, hidup seseorang akan terbimbing pada kehidupan yang lebih baik.
MTs An-Nur Bululawang Kabupaten Malang merupakan sebuah madrasah yang dibawah naungan Pondok Pesantren An-Nur 1 Bululawang. Sesuai dengan misi MTs An-Nur Bululawang Kabupaten Malang “memiliki kepribadian yang beriman, berilmu, dan berakhlakul karimah”. Maka para tenaga pendidik di MTs An-Nur Bululawang Kabupaten Malang mengharapkan siswa memiliki karakter religius yang sesuai dengan misi yang telah dirumuskan. Terdapat 7 Program penanaman karakter religius di MTs An-Nur Bululawang Kabupaten Malang seperti: sholat dhuha berjamaah, apel dan do’a bersama, hafalan Al-quran juz 30, pembacaan manaqib dan istighotsah bersama, pembacaan yasin dan tahlil, mushofahah, dan selalu berbuat sopan.
Dalam hal ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Terkait hasil yang didapatkan yakni guru harus bisa memaksimalkan dalam mendidik dan mendampingi siswa dalam melakukan program-program keagamaan memenuhi kebutuhan peserta didik sehingga dapat beradaptasi dengan baik supaya dapat memberikan teladan yang baik dalam upaya penanaman karakter religius peserta didik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program penanaman karakter religius peserta didik di MTs An-Nur Bululawang Kabupaten Malang berjalan dengan baik hal itu dibuktikan dengan pra peserta didik yang sudah lancar membaca al-qur’an dan bersikap sopan dengan guru maupun teman sebaya, semua itu tidak terlepas dari faktor-faktor yang menjamin keberhasilan proses penanaman karakte religius peserta didik melalui program penanaman karakter.
Kata Kunci: Penanaman, Pendidikan Karakter Religius, Peserta Didik