Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bermuatan Nilai Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 15 Kota Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji inovasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang mengintegrasikan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMP Negeri 15 Kota Malang. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: Pertama, desain pembelajaran PAI di SMP Negeri 15 Kota Malang menggunakan pendekatan incremental, yang berfokus pada inovasi pengembangan materi pembelajaran tanpa mengubah konsep dasar yang ada. Pendekatan ini sangat relevan dalam konteks pendidikan modern yang menuntut penyesuaian dengan perkembangan zaman. Peran guru sangat penting dalam merancang pembelajaran melalui kolaborasi dan konsultasi intensif untuk memastikan kesesuaian dengan kebutuhan siswa dan perkembangan terbaru dalam kurikulum.
Dalam penelitian ini, juga ditemukan implementasi inovasi pembelajaran PAI di SMP Negeri 15 melibatkan berbagai strategi inovatif, seperti metode pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran kontekstual, dan pendekatan humanistik. Integrasi nilai-nilai P5 dalam pembelajaran PAI bertujuan untuk memastikan bahwa siswa tidak hanya memahami ajaran agama secara mendalam, tetapi juga mengembangkan karakter yang kuat sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Selanjutnya, evaluasi terhadap desain pembelajaran PAI di SMP Negeri 15 Kota Malang mencakup aspek akademik dan non-akademik. Evaluasi ini bertujuan untuk memastikan pencapaian tujuan pembelajaran secara holistik, baik dalam hal pemahaman materi maupun perkembangan karakter siswa yang selaras dengan nilai-nilai P5. Hasil evaluasi ini digunakan sebagai dasar untuk peningkatan program pembelajaran yang lebih efektif dan relevan.
Dalam kesimpulannya, penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi dalam pembelajaran PAI yang mengintegrasikan nilai Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 15 Kota Malang berhasil meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam. Inovasi ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi agama, tetapi juga memperkuat karakter mereka sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, menjadikannya relevan dengan tuntutan zaman dan kebutuhan karakter siswa masa kini.
Kata Kunci: Inovasi, Profil Pelajar Pancasila, PAI