Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Bersusun Kelas IV di MI Al-Fattah Kota Malang
Abstract
Matematika merupakan sarana untuk memecahkan maslah dalam kehidupan sehari-hari sehingga perlu dikuasai dengan baik, namun Sebagian besar siswa menganggap bahwa matematika adalah mata Pelajaran yang sulit, khususnya siswa kelas IV MI Al-Fattah Kota Malang.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan kemampuan siswa dalam berhitung perkalian berususun (2) mendeskripsikan faktor-faktor kesulitan yang dialami siswa dalam berhitung perkalian bersusun (3) mendeskripsikan upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan pembelajaran matematika operasi hitung perkalian bersusun kelas IV di MI Al-Fattah Kota Malang.
Untuk mencapai tujuan di atas, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Melalui teknik-teknik ini, peneliti dapat mengumpulkan data yang mendalam untuk memahami kesulitan belajar matematika pada materi operasi hitung perkalian bersusun kelas IV di MI Al-Fattah Kota Malang.
Berdasarkan hasil penelitin di MI Al-Fattah Kota Malang menunjukkan bahwa: (1) kemampuan siswa dalam menjawab soal pembelajaran matematika operasi hitung perkalian bersusun masih rendah (2) faktor kesulitan berhitung perkalian yang dialami siswa yaitu siswa kurang mampu menghafal perkalian serta metode yang digunakan tidak sesuai (3) Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar matematika operasi hitung perkalian bersusun yaitu pemanfaatan media dan strategi yang digunakan guru dalam proses pembelajaran.
Kesimpulan, jenis kesulitan belajar yang dialami oleh siswa kelas IV MI Al-Fattah Kota Malang pada materi operasi hitung perkalian bersusun yaitu siswa kesulitan memahami konsep perkalian bersusun, siwa kurang mampu menghafal perkalian, dan metode yang digunakan siswa tidak sesuai. Upaya guru kelas IV untuk mengatasi kesulitan belajar tesebut yaitu dengan pemanfaatan media dan strategi guru dalam mengajar.
Kata kunci: Kesulitan belajar, Matematika, Operasi Dasar.