Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV MI Hiyatus Sibyan Wonokoyo Kedungkandang Malang
Abstract
Seluruh upaya guru untuk menyediakan lingkungan belajar yang produktif dan menarik yang menginspirasi siswa untuk belajar sebaik mungkin kemampuan mereka secara kolektif disebut sebagai manajemen kelas. Guru bertanggung jawab atas segala upaya yang dilakukan untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Segala upaya dilakukan untuk memanfaatkan semua sumber daya yang saat ini ada di kelas.
Tujuan dilakukannya penelittian ini adalah mengetahui strategi guru dalam
meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV di sekolah MI Hidayatus Sibyan, mengetahui faktor pendukung dalam peningkatkan keaktifan belajar siswa kelas
IV di sekolah MI Hidayatus Sibyan, mengetahui faktor penghambat dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV di sekolah MI Hidayatus Sibyan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Prosedur pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun kmetode analisis data pada penelitian ini melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk uji keabsahan datanya dengan perpanjangan pengamatan meningkatkan kecermatan dalam studi, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan belajar siswa dengan menggunakan a) penggunaanmetode dan model yang beragam, b) penggunaan media pembelajaran yang menarik, c) pemberian motivasi kepada siswa, dan d) pembuatan kontrak belajar dengan siswa di awal pembelajaran. Untuk faktor pendukungnya melalui kemampuan guru dalam mengelolah kelas, dukungan dari guru, dan adanya kerja sama antar pihak sekolah dan orang tua. Sedangkan untuk faktor penghambatnya terdapat gangguan dari siswa saat pembelajaran, dan kecepatan belajar siswa yang beragam.
Kata kunci : Strategi Guru, Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV