Mengenal Huruf Melalui Media Grafis Berbasis Audio pada Anak Kelompok A1 RA Muslimat NU 1 Malang
Abstract
Di era 4.0 ini teknologi sudah semakin canggih, semakin pesatnya
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pendidik juga sangat
berpengaruh terhadap sistem pembelajaran yang lebih berkualitas dan bermutu, Hal
tersebutlah yang melatar belakangi untuk menggunakan media grafis berbasis audio
visual untuk mengenalkan huruf kepada anak di kelompok A1 RA Muslimat NU 1
Malang.
Jenis yang digunakan adalah menggunakan penelitian kualitatif. Subyek
yang digunakan adalah 14 anak dari Kelompok A1 di RA Muslimat NU 1 Malang,
prosedur pengumpulan data dilakukan melalui google forms dengan
mengumpulkan respon dari walimurid,metode wawancara, dengan melakukan
tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian yakni walikelas, dan metode
dokumentasi dengan menggunakan hasil dokumentasi foto yang dikirim walimurid
ketika peserta didik sedang menonton media pembelajarana media grafis berbasis
audio visual untuk mengenal huruf.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengenal huruf melalui media grafis
berbasis audio visual mampu mengenalkan huruf dengan baik, dengan
menggunakan media yang menyenangkan dan tidak membosankan, disertai dengan
berbagai gambar, suara, serta kata kata baru untuk menambah kosa kata untuk anak,
dari hasil respon walimurid dapat diketahui bahwa banyaknya anak yang mampu
mengenal huruf dengan baik dengan menggunakan media grafis berbasis audio
visual.