Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas 4-B MI Islamiyah Kebonsari Kota Malang
Abstract
Pendidikan karakter merupakan aspek yang sangat penting dalam pengembangan siswa secara holistik. Tujuan utama pendidikan karakter adalah membentuk sikap dan nilai-nilai positif pada siswa. Salah satu karakter yang penting adalah karakter peduli sosial, yang mengajarkan siswa untuk memahami dan merasakan empati terhadap orang lain dan lingkungan sekitarnya. Siswa kelas IV-B MI Islamiyah memiliki karakter yang baik, termasuk karakter peduli sosial. Karakter peduli sosial ini tidak hanya terbentuk secara alami pada siswa, tetapi juga diajarkan secara khusus oleh guru dalam setiap kesempatan pembelajaran. Salah satu contohnya adalah integrasi nilai-nilai peduli sosial dalam pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial). Dalam materi pembelajaran IPAS, terdapat berbagai isu sosial yang menarik perhatian dan membutuhkan kepedulian. Melalui pendekatan ini, guru dapat membantu membentuk karakter peduli sosial pada siswa dengan lebih mudah dan efektif.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang karakter peduli sosial siswa kelas IV-B pada pembelajaran IPAS, strategi guru dalam membentuk karakter peduli sosial pada pembelajaran IPAS, dan faktor pendukung dan penghambat dari strategi guru dalam membentuk karakter peduli sosial di kelas IV-B.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MI Islamiyah Kebonsari Kota Malang, dengan peneliti berperan sebagai instrumen utama. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap kepala madrasah, waka kurikulum, guru kelas, dan siswa. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data tersebut kemudian diperkuat melalui triangulasi sumber data. Hal ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan adanya data yang bersifat subyektif, dengan adanya upaya demikian untuk mendapatkan data yang valid dan dapat dipercaya.
Siswa kelas IV-B sudah mempunyai karakter peduli sosial dengan baik. Hal ini diketahui melalui penerapan karakter peduli sosial dalam pembelajaran IPAS yang meliputi: (1) Tolong menolong; (2) Tenggang rasa/empati; (3) Toleransi; (4) Aksi sosial; (5) Berakhlak mulia. Strategi guru kelas IV-B dalam membentuk karakter peduli sosial pada pembelajaran IPAS di MI Islamiyah Kebonsari Kota Malang, meliputi: 1) Merancang modul ajar; 2) Mengintegrasikan karakter peduli sosial dalam materi pembelajaran; 3) Merancang metode pembelajaran yang interaktif; 4) Keteladanan dalam kehidupan sehari-hari.
Terdapat 2 faktor pendukung pada strategi guru dalam membentuk karakter peduli sosial siswa yakni internal dan eksternal. Faktor internal yang mendukung meliputi: (1) Guru yang selalu mendukung dan memiliki pemahaman tentang cara mengaplikasikan karakter; (2) Sarana dan prasarana sekolah yang; (3) Program sekolah yaitu promaris yang dapat membentuk siswa mempunyai karakter peduli sosial dalam pembelajaran, Sedangkan untuk faktor pendukung eksternal adalah keterlibatan siswa dengan orang-orang di sekitar, seperti orang tua dan masyarakat sekitar. Faktor penghambat dalam stategi guru dalam membentuk karakter peduli sosial dalam pembelajaran IPAS di MI Islamiyah Kebonsari Kota Malang meliputi (1) Penggunaan gadget tanpa adanya pengawasan dari orang tua; (2) Orang tua kurang mengawasi anak dalam kesehariannya, hal ini terjadi karena orang tua sibuk dalam bekerja dan tidak mempunyai waktu untuk anaknya, sehingga dalam pembentukan karakter tidak ada kerjasama antara guru dan orang tua.
Untuk peneliti selanjutnya, disarankan agar meningkatkan kejelian dan pengetahuan tentang strategi yang sesuai dalam membentuk karakter peduli sosial pada lingkungan sekolah maupun pada pembelajaran lainnya. Saran ini meliputi melibatkan lebih banyak responden dan memperluas cakupan penelitian agar mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang strategi guru dalam pembentukan karakter peduli sosial siswa.
Kata Kunci : Karakter Peduli Sosial, Strategi Guru, Pembentukan Karakter