Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Metode Ubudiyah Untuk Membentuk Sikap Religius Siswa di MI Nurul Ulum Arjosari Malang
Abstract
Pendidikan karakter adalah proses pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan nilai -nilai moral, etika, dan perilaku positif pada individu. Melalui pendidikan karakter, seseorang diajarkan tentang pentingnya integritas, tanggung jawab, empati, disiplin, dan nilai-nilai lain yang mendukung perkembangan pribadi yang baik. Tujuan dari pendidikan karakter adalah untuk membentuk individu yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki moral yang kuat dan dapat berkontribusi positif dalam masyarakat. Maka dari itu, pendidikan karakter menjadi sebuah wadah untuk menanamkan nilai sebuah sikap atau karakter pada orang lain terutama karakter religius Pendidikan karakter religius adalah pendekatan dalam pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan dan moral pada peserta didik. Pendidikan ini tidak hanya berfokus pada aspek kognitif atau pengetahuan saja, tetapi juga pada pengembangan sikap, perilaku, dan kepribadian yang sesuai dengan ajaran agama.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Perencanaan pelaksanaan pendidikan karakter melalui metode ubudiyah untuk membentuk sikap religius siswa di MI Nurul Ulum Arjosari Malang. 2) Implementasi pendidikan karakter melalui metode ubudiyah untuk membentuk sikap religius siswa di MI Nurul Ulum Arjosari Malang. 3) Hasil penerapan pendidikan karakter melalui metode ubudiyah untuk membentuk sikap religius siswa di MI Nurul Ulum Arjosari Malang.
Untuk mencapai tujuan diatas, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi sumber, triangulasi teknis, diskusi dengan ahli dan diskusi sejawat.
Berdasarkan hasil penelitian di MI Nurul Ulum Arjosari Malang menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pelaksanaan pendidikan karakter melalui metode ubudiyah untuk membentuk sikap religius meliputi meninjau kondisi siswa dari segi karakternya, menyusun jadwal kegiatan ubudiyah, membuat strategi pelaksanaan, menyusun kebijakan sekolah. 2) Implementasi pendidikan karakter melalui metode ubudiyah untuk membentuk sikap religius siswa di MI Nurul Ulum Arjosari Malang meliputi memberikan keteladanan yang baik sebagai guru, menerapkan 5s, memberikan motivasi atau semangat kepada siswa, menyelesaikan kegiatan ubudiyah. 3) Hasil penerapan pendidikan karakter melalui metode ubudiyah untuk membentuk sikap religius siswa di MI Nurul Ulum Arjosari Malang antara lain terbentuknya sikap positif yang ditunjukkan siswa, siswa kini dapat mengamalkan kegiatan ubudiyah dalam kehidupan sehari-hari, melakukan evaluasi.
Kata kunci: Pendidikan Karakter, Metode Ubudiyah, Religius