Show simple item record

dc.contributor.authorAdekun, Cahyono
dc.date.accessioned2025-03-15T03:52:50Z
dc.date.available2025-03-15T03:52:50Z
dc.date.issued2023-12-20
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11330
dc.description.abstractTuntutan terhadap peningkatan pelayanan publik yang efektif dan memuaskan kepada masyarakat menjadi suatu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh pemerintah saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk, pertama menganalisa penerapan OSS di DPMPTSP Kabupaten Malang, kedua mengukur tingkat efektivitas dalam penerapan Online Single Submission (OSS) di DPMPTSP Kabupaten Malang, karena masih perlu dilakukannya pembenahan di bidang infrastruktur dan SDA yang selama ini masih menjadi salah satu pekerjaan rumah yang perlu dilakukan. Ketiga, bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan OSS di DPMPTSP Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan teknik analisis data interaktif. Yang menjadi fokus dalam penelitian ini pertama, penerapan OSS dalam pelayanan perizinan diukur menggunakan 2 indikator tahap persiapan dan tahap penerapan. Kedua efektivitas OSS diukur menggunakan 5 indikator teori yaitu Proses analisis dan perumusan kebijakan yang matang, Kejelasan tujuan, Tersedianya sarana dan prasarana kerja, Pelaksanaan yang efektif dan efisien, Sistem pengawasan dan pengadilan. Ketiga faktor pendukung dan faktor penghambat pada efektivitas penerapan (OSS) pada DPMPTSP Kabupaten Malang. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pertama, penerapan OSS pada Dinas Penanaman Modal dan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Malang berjalan dengan lancar karena telah memenuhi elemen-elemen dalam pengimplementasian digitalisasi pada sektor publik berupa dasar hukum, pengalokasian sumber daya, pengadaan infrastruktur IT dan sosialiasi. Kedua DPMPTSP Kabupaten Malang telah berhasil mewujudkan efektivitas dalam penerapan OSS, dilihat dari ketersediaan infrastukrur IT berupa Komputer, printer dan jaringan internet yang memadai, sumber daya aparatur yang berkompeten dalam pengunaan teknologi serta manfaat yang dirasakan oleh Masyarakat, ketiga faktor pendukung dalam penelitian ini yaitu dukungan infrastruktur dan SDM yang memadai sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya pehamaman dan informasi masyarakat tentang sistem OSS sehingga dapat menyebabkan tidak tercapainya tujuan dalam program pemerintah ini. Kata Kunci: Efektivitas, Online Single Submission, Pelayanan Perizinanen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectOnline Single Submissionen_US
dc.subjectPelayanan Perizinanen_US
dc.titleEfektivitas Penerapan Online Single Submission (Oss) Dalam Pelayanan Perizinan (Studi Pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Malang)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record