dc.description.abstract | Penelitian ini mengevaluasi pusat layanan haji dan umrah terpadu di Kementerian Agama Kabupaten Malang. Adanya pengevaluasian ini bertujuan agar bisa memahami bagaimana pelayanan yang di berikan pegawai dan kepuasan para calon jemaah haji atas pelayanan yang diberikan pegawai Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT).
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun fokus pada penelitian ini adalah pelayanan pegawai terhadap kepuasan calon jemaah dengan menggunakan teori dari Tjiptono yaitu ketepatan waktu pelayanan,akurasi pelayanan,kesopanan dan keramahan,kemudahan mendapat pelayanan, kenyamanan dalam memperoleh pelayanan,serta atribut pendukung pelayanan. Analisis data pada penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan pada pusat layanan haji dan umrah terpadu (PLHUT) di Kementerian Agama Kabupaten Malang dapat dibilang baik yang walaupun masih harus menunggu 15 menitan,hal tersebut semata mata karena kurangnya tenaga kerja atau pegawai di PLHUT itu sendiri.
Berdasarkan temuan penelitian,peneliti memiliki saran yaitu menambah tenaga kerja atau pegawai pada PLHUT,menambah kapasitas wifi,mengadakan sosialisasi tentang prosedur pendaftaran haji serta membagikan brosur maupun pamflet mengenai prosedur pendaftaran haji.
Kata Kunci : Evaluasi,Pendaftaran haji dan umroh ,pelayanan publik | en_US |