dc.description.abstract | Strategi Pengembangan adalah rencana suatu organisasi maupun pemerintah dalam meningkatkan kinerja SDM yang berkualitas. Desa wonokitri merupakan salah satu desa wisata yang memiliki banyak sekali potensi baik dari sumber daya alamnya maupun dari budayanya yang sampai saat ini masih dipegang teguh. Melihat potensi tersebut maka memungkinkan Desa Wonokitri untuk mengembangkan diri dalam sektor wisata namun pengembangan desa wisata sampai saat ini masih belum dapat dilakukan dengan maksimal dikarenakan SDM yang rendah, partisipasi yang masih minim dan masalah manajemen pengelolahan. Maka untuk mengukur hal tersebut dibutuhkan indikator pengukur dari strategi pengembangan yang dilakukan pokdarwis yaitu dengan mengunakan teori chandler (2006) yaitu sumber daya, dana, teknologi dan informasi, sarana dan prasarana.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan desa wisata berbasis kelompok sadar wisata (Pokdarwis) berdasarkan indikator sumber daya, dana, teknologi dan informasi, sarana dan prasarana di Desa Wonokitri Kabupaten Pasuruan . Melalui pendekatan studi kasus, penelitian ini berfokus pada indikator strategi pengembangan Chandler (2006) yang mengacu pada 4 indikator yaitu: sumber daya, dana Teknologi dan informasi, sarana dan prasarana dan juga berfokus pada faktor-faktor yang menjadi penghambat serta pendukung dalam strategi pengembangan desa wisata berbasis pokdarwis.
Hasil penelitian menujukan bahwa peran pokdarwis dalam pengembangan desa wisata Wonokitri masih minim. Saat ini strategi pokdarwis yaitu pada pengelolaan Website wisata untuk mempermudah pengujung dengan menyediakan paket wisata. Strategi yang dapat dilakukan yaitu peningkatan SDM dengan melakukan berbagai pelatihan yang berhubungan dengan pariwisata, Pengalokasian DAK (dana anggaran khusus) untuk pengembangan sektor pariwisata, publikasi dan peningkatan sarana dan prasarana seperti Pasar Pariwisata pengadaan lahan parkir/ lahan parkir bertingkat
Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Desa Wisata, Pariwisata | en_US |