dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Efektivitas penggunaan sistem informasi manajemen ASN (SIMAS) dalam pemutakiran data kepegawaian di BKPSDM Kota Malang, (2) Faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pada pemutakhiran data kepegawaian melalui SIMAS.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif pendekatan kualitatif untuk mendapatkan gambaran secara jelas dan nyata terkait apa yang terjadi di lapangan secara menyeluruh, kemudian mengungkapkan secara deskriptif tentang penggunaan SIMAS dalam pemutakhiran data di BKPSDM Kota Malang. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menurut milles huberman yang meliputi, pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini berfokus pada tiga indikator efektivitas program menurut Duncan dalam Steers (1985) yang meliputi aspek pencapaian tujuan, aspek integrasi, dan aspek adaptasi. Kemudian faktor pendukung dan penghambat dari efektifitas penggunaan Sistem Informasi Manajemen Apratur Sipil Negara (SIMAS) dalam pemutakhiran data kepegawaian itu sendiri.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Efektifitas penggunaan Sistem Informasi Manajemen Apratur Sipil Negara (SIMAS) dalam pemutakhiran data kepegawaian di BKPSDM Kota Malang dalam proses pencapaian tujuan, serta integrasi secara umum sudah berjalan dengan baik, namun dalam proses adaptasi dapat disimpulkan bahwa kemampuan pegawai kurang efektif. Hal tersebut dikarenakan beragamnya pengguna SIMAS yaitu pengguna personal, pengguna admin OPD, dan pengguna admin BKPSDM yang memiliki pengetahuan dan pemahaman yang berbeda-beda. (2) Faktor pendukungnya yaitu diterbitkannya peraturan Walikota Malang terkait SIMAS, adanya dukungan teknis serta tim pengembang khusus yang dibentuk untuk mengelola Sistem Informasi Manajemen ASN (SIMAS) di BKPSDM Kota Malang, sedangkan faktor penghambat yang menjadi kendala dalam penggunaan SIMAS diantaranya: proses pemutakhiran data belum sepenuhnya dilakukan secara digital, kurang meratanya pemahaman pegawai dalam penggunaan SIMAS, serta kurangnya kesadaran pegawai dalam melakukan pemutakhiran data pribadinya.
Kata Kunci: Efektivitas, Pelayanan Publik, Sistem Informasi Manejemen | en_US |