dc.description.abstract | Pada masa sekarang dunia usaha memasuki era globalisasi, dimana semua pihak sudah dapat secara bebas memasuki setiap pasar yang di kehendaki baik di dalam negeri maupun di luar negeri tanpa ada batasannya melihat kondisi yang demikian, maka sudah seharusnya jika setiap bidang usaha dituntut untuk mengetahui dan mengikuti perkembangan atau perubahan dari setiap kegiatan usaha yang akan dijalankannya. Dalam dunia bisnis modern saat ini, menuntut peranan strategi pemasaran yang dapat menunjang kemajuan suatu usaha bisnis, maju mundurnya kegiatan bisnis akan sangat ditentukan oleh keberhasilan kegiatan pemasaran bisnis tersebut, karena kegiatan pemasaran merupakan kegiatan bisnis yang secara langsung berhubungan dengan masyarakat luas (konsumen). Perusahaan harus secara jelas menetapkan ke arah mana aktivitas usaha yang dijalankan dan pihak-pihak mana yang menjadi sasaran dari penjualan produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut.
Salah satu tempat yang melakukan pemasaran tanaman anggrek berada di Desa Gunungrejo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang Jawa Timur adalah PT. Java Indo Arjuna. Mempertahankan lahan pertanian agar tidak beralih fungsi lahan sangatlah penting peran pemerintah untuk menghambat adanya pengalihan fungsi lahan pertanian menjadi pemukiman.
Dalam penjualannya di PT. Java Indo Arjuna Seedling anggrek lebih diminati oleh konsumen dibandingkan dengan tanaman anggrek yang lain. Dilihat dari data penjualannya dari bulan Agustus – November produk Seedling angrek terjual hingga 42.268 tanaman anggrek dibandingkan dengan produk tanaman anggrek yang lain yang penjualannya hanya dibawah 4.000 tanaman anggrek.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis deskriptif merupakan data yang meliputi informasi penelitian, penjelasan bauran pemasaran, dan karakteristik konsumen. Data kuantitatif merupakan data yang berupa hasil penyebaran kuesioner terhadap responden yaitu konsumen yang membeli tanaman seedling anggrek. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang digunakan peneliti untuk menjelaskan pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian tanaman seedling anggrek dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari wawancara langsung kepada pelanggan PT. Java Indo Arjuna dan menggunakan data sekunder dari referensi, dan jurnal-jurnal penunjang mengenai bauran pemasaran seedling anggrek. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian tanaman Seedling anggrek di PT. Java Indo Arjuna.
Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan SEM (Structural Equation Modelling). Analisis data yang digunakan untuk mengtahui kontribusi bauran pemasaran (produk, harga, tempat, promosi), menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modelling) dengan bantuan SmartPLS 3.0
Variabel produk memiliki pengaruh signifikan dan bernilai positif terhadap keputusan pembelian dengan indikator variasi produk, kualitas produk, kesukaan konsumen terhadap produk dan citra produk. Variabel harga memiliki pengaruh signifikan, dimana indikator harga yaitu diskon dan harga tertera. Variabel tempat memiliki pengaruh signifikan dan bernilai positif terhadap keputusan pembelian. Variabel promosi memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dimana indikatornya promosi ialah periklanan, promosi iklan dan hubungan masyarakat yang terjalin.
Variasi kontribusi bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian yaitu dilihat dari nilai p-value produk memiliki nilai 0,008, harga memiliki nilai 0,000, promosi memiliki nilai 0,026, tempat memiliki nilai 0,000. Berarti dari 4 unsur pemasaran yang memberikan kontribusi lebih terhadap keputusan pembelian tanaman seedling anggrek di PT. Java Indo Arjuna ialah produk. Harga dan Tempat.
Saran dari penulis untuk Pengelola PT. Java Indo Arjuna disarankan untuk dapat mempertahankan atau meningkatkan kualitas produk seperti menjaga kualitas dan kebersihan produk yang dijual. Hal ini disebabkan kualitas produk sering menjadi pertimbangan dalam melakukan pembelian tanaman seedling anggrek. Pada aspek harga, pengelola PT. Java Indo Arjuna sebaiknya perlu menambahkan bonus yang maksimal ketika melakukan pembelian yang banyak dan memberikan harga spesial pada event tertentu. Pengelola PT. Java Indo Arjuna disarankan melakukan promosi dengan cara baru yaitu mengikuti event tertentu yang diadakan di Event Kota Batu atau Malang raya agar dapat dikenal oleh manca negara. Selain itu bisa bekerja sama dengan media massa yang dapat meningkatkan penyebaran informasi mengenai PT. Java Indo Arjuna. Pada aspek tempat, pengelola PT. Java Indo Arjuna sebaiknya lebih memanfaatkan tempat yang ada saat ini tidak adanya food court atau perbelanjaan makanan dengan menikmati bunga anggrek dan ini akan memiliki daya tarik lebih dengan adanya food court. Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk melaksanakan penelitian sejenis, sebaiknya meneliti variabel – variabel yang lain seperti variabel people, yang bertujuan dengan pelayanan terhadap konsumen, terdapat juga variabel procces, yang bertujuan untuk mengetahui cara membudidayakan anggrek dan variabel phsycal evidence bertujuan untuk lingkungan produk yang dijelaskan dan perusahaan melakukan interaksi kepada konsumen. Atau variabel lainnya untuk diteliti yang tidak terdapat dalam penelitian ini. | en_US |