Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ (Cooperative Integrated Reading and Composition) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis Siswa Kelas 1 MI Attaraqqie Putra Malang
Abstract
MI Attaraqqie Putra Malang, banyak dijumpai karakteristik siswa yang menunjukkan keterampilan membaca dan menulis yang melebihi siswa setingkatannya. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya beberapa siswa yang lebih memilih membawa buku cerita bergambar pada saat istirahat daripada bermain kejar-kejaran bersama teman yang lainnya. Terdapat beberapa siswa yang bercerita tentang hasil membaca buku. MI Attaraqqie Putra Malang dikenal memiliki strategi belajar mengajar yang sudah dijalankan sebagai upaya dalam meningkatkan keterampilan keterampilan literasi atau membaca dan menulis peserta didiknya dan strategi tersebut dikenal dengan sebutan “CIRC”. Beberapa siswa telah memiliki keterampilan dalam membaca serta menulis sangat baik. Oleh karena itu peneliti ingin mendeskripsikan cara atau strategi pembelajaran yang digunakan MI Attaraqqie Putra Malang sebagai solusi untuk mengatasi problematika keterampilan dalam membaca dan menulis peserta didiknya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, hasil dari strategi yang diterapkan dalam pembelajaran kooperatif tipe CIRC untuk meningkatkan keterampilan dalam membaca serta menulis siswa kelas 1 MI At-Taraqqie Putra Malang. Langkah yang dilakukan untuk mendapatkan hasil tesebut, maka peneliti melakukan penelitian dengan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan instrumen penelitian berpa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam proses analisis temuan penelitian menggunakakan analisis triangulasi data.
Setelah menganalisis data diketahui bahwa dalam tahap perencanaan guru melakukan observasi, tes awal, penyusunan RPP. Dalam tahap pelaksanaan guru melakukan observasi pada saat istirahat, kemudian melakukan tes awal, dilanjutkan dengan pembelajaran yang diilangsungkan berdasarkan RPP yang digunakan yaitu menerapkan strategi pembelajaran koperatif tipe CIRC. Hasil dari pelaksanaannya adalah ditemui siswa gemar membaca buku dan memiliki tulisan yang rapi, banyak siswa yang mendapat nilai kurang baik saat tes awal, lalu diperbaiki keterampilan membaca dan menulisnya melalui pembelajaran sesuai RPP dengan sistematis dan maksimal.
Kata Kunci: Implementasi, CIRC, Keterampilan membaca dan menulis