Pemanfaatan Filter Tiktok Untuk Meningkatkan Pengetahuan Pramuka
Abstract
TikTok merupakan salah satu platform yang sedang popular menawarkan
format video singkat yang menarik bagi pengguna. TikTok adalah aplikasi yang
banyak digunakan untuk merekam video yang relatif pendek berdurasi 15 detik,
30 detik hingga 1 menit, dan aplikasi ini juga menjadi aplikasi yang sedang
trending saat ini. TikTok berpotensi untuk lebih berkembang sebagai media
pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif bagi siswa. Aplikasi TikTok
dapat diimplementasikan sebagai sarana pembelajaran. Sebagai seorang guru kita
bisa memanfaatkan media sosial yang ada untuk digunakan sebagai media
pembelajaran, salah satunya melalui filter di TikTok Tujuan penelitian ini
mengembangkan filter aplikasi TikTok untuk meningkatkan pengetahuan
pramuka.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
pengembangan yang menghasilkan produk berupa filter di TikTok yang berbasis
aplikasi yang memanfaatkan media sosial. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Dalam
penelitian ini mengadopsi model pengembangan ADDIE. Berikut 5 tahapan
model pengembangan ADDIE, yaitu: analisis (analysis), desain (design),
pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi
(evaluation).
Hasil uji coba produk dalam pengembangan ini dilakukan oleh validator ahli
materi, validator ahli media dan siswa. Dari hasil analisis data dapat diketahui
bahwa menurut ahli materi (pembina dan guru pramuka) diperolehbahwa media
pembelajaran berbasis aplikasi TikTok yang dikembangkan termasuk kriteria
sangat valid dengan perolehan nilai hasil validasi sebesar 89. Sedangkan menurut
ahli media, media pembelajaran berbasis aplikasi TikTok yang dikembangkan
mendapatkan nilai 85,5 yang berarti produk dinyatakan sangat valid. Sedangkan
hasil dari uji coba respon siswa yang melibatkan 24 siswa diperoleh bahwa
perolehan nilai hasil validasi produk sebesar yang dikembangkan termasuk
kriteria praktis dengan perolehan nilai rata-rata total uji coba respon siswa sebesar
83. Dari hasil rata-rata presentase uji coba produk oleh validator ahli materi, ahli
media dan uji coba siswa diperoleh kesimpulan secara umum bahwa media
pembelajaran berbasis aplikasi TikTok yang dikembangkan dinyatakan valid dan
layak digunakan.
Kata Kunci : Pemanfaatan, Filter TikTok, Media Pembelajaran, Pengetahuan
Pramuka.