Keterampilan Guru Dalam Pemberian Variasi Mengajar Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV di SDN Merjosari 02
Abstract
Keterampilan mengadakan variasi ialah keterampilan dasar yang dimiliki oleh guru untuk menjaga iklim pembelajaran yang menarik perhatian sehingga peserta didik aktif dan berpartisipasi dalam setiap langkah pembelajaran. Berdasarkan observasi awal, bahwasannya guru kelas IV di SDN Merjosari 02 khususnya pada pembelajaran matematika bahwa guru telah menerapkan variasi dalam proses pembelajaran. Terlihat dari proses pembelajaran guru aktif memberikan variasi mengajar seperti gaya mengajar, pemilihan media pembelajaran yang menggunakan benda konkrit seperti pulpen, kotak/kardus, meja, kotak makan, botol minum, penggaris dan juga pola interaksi yaitu suatu tindakan yang dilakukan oleh guru kepada peserta didik seperti tanya jawab, melakukan refleksi materi, ice breaking dengan tujuan untuk mengurangi kebosanan, kejenuhan dan menarik perhatian peserta didik.
Peneliti merumuskan masalah, yakni tentang bagaimana keterampilan guru dalam pemberian variasi mengajar pada pembelajaran matematika kelas IV dan kendala yang dialami oleh guru dalam pemberian variasi mengajar pada pembelajaran matematika kelas IV. Penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif studi kasus. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Berdasarkan usaha-usaha didapatkan hasil temuan penelitian bahwasannya untuk menghilangkan rasa jenuh dan bosan pada siswa, variasi dalam kegiatan pembelajaran sangat diperlukan dan penting bagi guru sebagai penggerak utama kegiatan pembelajaran. Karena jenuh dan bosan adalah sifat dasar manusia, variasi dalam berbagai aspek kehidupan mereka biasanya diperlukan.
Guru sering menghadapi tantangan yang menghambat proses pembelajaran saat menerapkan variasi pembelajaran. Hal ini terjadi karena guru menghadapi banyak tantangan, seperti perbedaan karakter siswa, sikap pasif siswa, sarana dan prasarana, dan alokasi waktu yang terbatas. Selanjutnya, yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu guru harus bisa menerapkan prinsip dasar keterampilan mengajar, salah satunya adalah keterampilan menerapkan variasi pembelajaran dan siswa hendaknya lebih komunikatif dan aktif.
Kata kunci: Keterampilan Guru, Variasi Mengajar, Pembelajaran Matematika Kelas IV.