Show simple item record

dc.contributor.authorZulfikar, Moch Miqdar
dc.date.accessioned2025-03-22T02:51:39Z
dc.date.available2025-03-22T02:51:39Z
dc.date.issued2025-01-22
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11490
dc.description.abstractPerkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong masyarakat untuk terus meningkatkan kapabilitas agar dapat menyesuaikan diri dengan era modern. Pendidikan pun mengalami transformasi signifikan dengan adopsi teknologi digital yang telah meningkatkan layanan, kualitas, dan metode pembelajaran. Teknologi ini tidak hanya mempermudah pengembangan bahan ajar, tetapi juga meningkatkan keterampilan hidup yang esensial bagi peserta didik. Penelitian ini berfokus pada penggunaan Kahoot, sebuah media pembelajaran interaktif, untuk menilai pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Almaarif Singosari dibandingkan dengan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode eksperimen semu, Penelitian ini termasuk dalam penelitian yang menggunakan teknik simple random sampling dalam pengambilan sampel, dalam pengumpulan data melalui tes yang terbagi dalam dua tes yaitu: postest dan pretest. Sedangkan teknis analisis data meliputi (1) uji normalitas, (2) uji validitas, (3) relabilitas, (4) uji homogenitas dan, (5) uji t. (6) uji effect size Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Kahoot terhadap hasil belajar siswa. Dapat dibuktikan melalui hasil belajar siswa lebih maksimal dengan menggunkan media pembelajaran Kahoot daripada menggunakan media pembelajaran PPT. Berdasarkan Analisis data melalui uji statistic menggunakan hasil belajar siswadalam uji sample T test dengan hasil menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,007 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis dinyatakan benar dan terdapat pengaruh yang signifikan 𝐻0 ditolak dan 𝐻1 diterima. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan sesuai dengan rumusan masalah dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Kahoot terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI di SMA Islam Almaarif Singosari. Dapat dibuktikan melalui uji statistik menunjukkan hasil signifikansi kurang dari 0,01 lebih kecil dari 0,05 dapat diartikan adanya pengaruh yang signifikan dan H0 diterima dan Ha ditolak. Hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran kahoot menunjukkan rata rata 83,83 sedangkan menggunakan media pembelajaran PPT menunjukkan rata-rata 76,50. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kahoot, Hasil Belajar Siswaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectKahooten_US
dc.subjectHasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePengaruh Media Pembelajaran Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI di SMA Islam Almaarif Singosarien_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record