Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI di SMA Islam Almaarif Singosari
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong masyarakat
untuk terus meningkatkan kapabilitas agar dapat menyesuaikan diri dengan era
modern. Pendidikan pun mengalami transformasi signifikan dengan adopsi
teknologi digital yang telah meningkatkan layanan, kualitas, dan metode
pembelajaran. Teknologi ini tidak hanya mempermudah pengembangan bahan ajar,
tetapi juga meningkatkan keterampilan hidup yang esensial bagi peserta didik.
Penelitian ini berfokus pada penggunaan Kahoot, sebuah media
pembelajaran interaktif, untuk menilai pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Almaarif Singosari
dibandingkan dengan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif, metode eksperimen semu, Penelitian ini termasuk dalam penelitian yang
menggunakan teknik simple random sampling dalam pengambilan sampel, dalam
pengumpulan data melalui tes yang terbagi dalam dua tes yaitu: postest dan pretest.
Sedangkan teknis analisis data meliputi (1) uji normalitas, (2) uji validitas, (3)
relabilitas, (4) uji homogenitas dan, (5) uji t. (6) uji effect size
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan
media pembelajaran Kahoot terhadap hasil belajar siswa. Dapat dibuktikan melalui
hasil belajar siswa lebih maksimal dengan menggunkan media pembelajaran
Kahoot daripada menggunakan media pembelajaran PPT. Berdasarkan Analisis
data melalui uji statistic menggunakan hasil belajar siswadalam uji sample T test
dengan hasil menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,007 < 0,05, maka
dapat disimpulkan bahwa hipotesis dinyatakan benar dan terdapat pengaruh yang
signifikan 𝐻0 ditolak dan 𝐻1 diterima.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan sesuai dengan rumusan
masalah dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media
pembelajaran Kahoot terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam Kelas XI di SMA Islam Almaarif Singosari. Dapat dibuktikan melalui
uji statistik menunjukkan hasil signifikansi kurang dari 0,01 lebih kecil dari 0,05
dapat diartikan adanya pengaruh yang signifikan dan H0 diterima dan Ha ditolak.
Hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran kahoot menunjukkan
rata rata 83,83 sedangkan menggunakan media pembelajaran PPT menunjukkan rata-rata 76,50.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kahoot, Hasil Belajar Siswa