Show simple item record

dc.contributor.authorHimma, Fadhilatul
dc.date.accessioned2025-03-22T02:58:46Z
dc.date.available2025-03-22T02:58:46Z
dc.date.issued2025-01-24
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11497
dc.description.abstractPembelajaran matematika sering kali dianggap sulit oleh siswa, terutama ketika metode yang digunakan kurang menarik dan monoton. Hal ini menyebabkan rendahnya motivasi belajar, kurangnya keterlibatan siswa, dan hasil belajar yang tidak maksimal. Mind mapping dipilih sebagai metode pembelajaran alternatif untuk meningkatkan fokus dan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SD Brawijaya Smart School Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment design dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent group posttest only design dengan membandingkan hasil belajar kelompok eksperimen (menggunakan metode mind mapping) dan kelompok kontrol (menggunakan metode diskusi). Data diperoleh melalui post-test pada kedua kelompok setelah serangkaian sesi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode mind mapping memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Kelompok eksperimen memperoleh skor rata-rata tertinggi 88,69 dan terendah 82,86, sedangkan kelompok kontrol memperoleh rata-rata tertinggi 74,28 dan terendah 68,54. Uji hipotesis dengan uji T Sampel Independen menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (<0,05), yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Kesimpulannya, metode mind mapping terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan mind mapping sebagai salah satu metode pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar. Kata Kunci: Metode Mind Mapping, Hasil Belajar, Matematikaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectMetode Mind Mappingen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectMatematikaen_US
dc.titlePengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Brawijaya Smart School Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record