Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Brawijaya Smart School Malang
Abstract
Pembelajaran matematika sering kali dianggap sulit oleh siswa, terutama
ketika metode yang digunakan kurang menarik dan monoton. Hal ini
menyebabkan rendahnya motivasi belajar, kurangnya keterlibatan siswa, dan
hasil belajar yang tidak maksimal. Mind mapping dipilih sebagai metode
pembelajaran alternatif untuk meningkatkan fokus dan pemahaman siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode mind mapping
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SD
Brawijaya Smart School Malang.
Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment design
dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah
nonequivalent group posttest only design dengan membandingkan hasil belajar
kelompok eksperimen (menggunakan metode mind mapping) dan kelompok
kontrol (menggunakan metode diskusi). Data diperoleh melalui post-test pada
kedua kelompok setelah serangkaian sesi pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode mind mapping memberikan
pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Kelompok eksperimen
memperoleh skor rata-rata tertinggi 88,69 dan terendah 82,86, sedangkan
kelompok kontrol memperoleh rata-rata tertinggi 74,28 dan terendah 68,54. Uji
hipotesis dengan uji T Sampel Independen menghasilkan nilai signifikansi
0,000 (<0,05), yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara
kelompok eksperimen dan kontrol. Kesimpulannya, metode mind mapping
terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
matematika. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan mind mapping
sebagai salah satu metode pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar.
Kata Kunci: Metode Mind Mapping, Hasil Belajar, Matematika