Show simple item record

dc.contributor.authorIslammiyah, Dina
dc.date.accessioned2025-03-24T02:24:34Z
dc.date.available2025-03-24T02:24:34Z
dc.date.issued2025-01-24
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11529
dc.description.abstractPemahaman membaca siswa merupakan langkah awal yang penting dalam partisipasi mereka dalam pembelajaran di sekolah, maka dari itu kemampuan membaca menjadi hal yang sangat penting dimiliki setiap siswa karena keberhasilan dalam proses pembelajaran di sekolah sangat dipengaruhi oleh penguasaan keterampilan membaca pada tahap awal atau permulaan. Tujuan diadakanya penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan; 1) kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 di SDN Klampok 02 Singosari. 2) penerapan strategi membaca permulaan pada siswa kelas 1 di SDN Klampok 02 Singosari. 3) evaluasi penerapan strategi membaca permulaan pada siswa kelas 1 di SDN Klampok 02 Singosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis fenomenologi yang bersifat alamiah dan mendasar tanpa adanya intervensi buatan. Teknik pengambilan data penelitian ini yaitu dengan melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Dalam analisis data menerapkan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi. Uji keabsahan data melalui observasi secara mendalam serta triangulasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa:1) kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 di SDN Klampok 02 Singosari masih tergolong rendah. 2) strategi yang diterapkan dalam pembelajaran membaca siswa kelas 1 menggunakan strategi membaca fonik, bottom-up, dan metode drill atau pengulangan. Strategi yang paling efektif pada penelitian ini adalah fonik dengan metode pengulangan.3) evaluasi dalam penerapan strategi membaca yang dilakukan oleh guru menunjukan adanya perubahan positif. Saran peneliti dalam penelitian ini, sekolah perlu menyediakan buku dan fasilitas yang mendukung, guru juga harus menggunakan metode pembelajaran kreatif dan melakukan penilaian terus-menerus, selain itu wali murid diharapkan berkolaborasi dengan guru, menciptakan lingkungan belajar yang mendukung serta memberi dukungan dan apresiasi agar anak tetap semangat belajar. Kata Kunci: Strategi Guru, Meningkatkan Kemampuan Membaca, Membaca Permulaan, Siswa Kelas 1.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectStrategi Guruen_US
dc.subjectMeningkatkan Kemampuan Membacaen_US
dc.subjectMembaca Permulaanen_US
dc.subjectSiswa Kelas 1en_US
dc.titleStrategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 di SDN Klampok 02 Singosari Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record