Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 di SDN Klampok 02 Singosari Malang
Abstract
Pemahaman membaca siswa merupakan langkah awal yang penting dalam
partisipasi mereka dalam pembelajaran di sekolah, maka dari itu kemampuan
membaca menjadi hal yang sangat penting dimiliki setiap siswa karena
keberhasilan dalam proses pembelajaran di sekolah sangat dipengaruhi oleh
penguasaan keterampilan membaca pada tahap awal atau permulaan.
Tujuan diadakanya penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan; 1)
kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 di SDN Klampok 02 Singosari. 2)
penerapan strategi membaca permulaan pada siswa kelas 1 di SDN Klampok 02
Singosari. 3) evaluasi penerapan strategi membaca permulaan pada siswa kelas 1 di
SDN Klampok 02 Singosari.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis fenomenologi yang
bersifat alamiah dan mendasar tanpa adanya intervensi buatan. Teknik pengambilan
data penelitian ini yaitu dengan melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi.
Dalam analisis data menerapkan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi.
Uji keabsahan data melalui observasi secara mendalam serta triangulasi data.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa:1) kemampuan membaca
permulaan siswa kelas 1 di SDN Klampok 02 Singosari masih tergolong rendah. 2)
strategi yang diterapkan dalam pembelajaran membaca siswa kelas 1 menggunakan
strategi membaca fonik, bottom-up, dan metode drill atau pengulangan. Strategi
yang paling efektif pada penelitian ini adalah fonik dengan metode pengulangan.3)
evaluasi dalam penerapan strategi membaca yang dilakukan oleh guru menunjukan
adanya perubahan positif. Saran peneliti dalam penelitian ini, sekolah perlu
menyediakan buku dan fasilitas yang mendukung, guru juga harus menggunakan
metode pembelajaran kreatif dan melakukan penilaian terus-menerus, selain itu
wali murid diharapkan berkolaborasi dengan guru, menciptakan lingkungan belajar
yang mendukung serta memberi dukungan dan apresiasi agar anak tetap semangat
belajar.
Kata Kunci: Strategi Guru, Meningkatkan Kemampuan Membaca, Membaca Permulaan, Siswa Kelas 1.