Penerapan Strategi Kognitif Dalam Pembelajaran Sains Creativity Anak Usia Dini di Singhanakhon Wittaya Nusorn School Thailand
Abstract
Peneliti melakukan terkait penerapan strategi kognitif dalam pembelajaran
sains creativity. Tujuan dari melakukan penelitian meliputi: 1) Mendeskripsikan
perencanaan strategi kognitif guru dalam pelaksanaan kegiatan belajar sains
creativity pada anak usia dini di Singhanakhon Wittaya Nusorn School Thailand. 2)
Mendeskripsikan pelaksanaan strategi kognitif guru dalam kegiatan belajar sains
creativity pada anak usia dini di Singhanakhon Wittaya Nusorn School Thailand. 3)
Mendeskripsikan evaluasi strategi kognitif guru dalam pelaksanaan kegiatan belajar
sains creativity pada anak usia dini di Singhanakhon Wittaya Nusorn School
Thailand.
Penelitian ini berlookasi di Singhanakon Wittaya Nusorn School Thailand.
Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini
dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang
melitputi kondensasi data, reduksi data, dan penyajian data. Sedangkan untuk
keabsahan data meliputi perpanjangan pengamatan dan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini bahwa pembelajaran di Singhanakhon Wittaya
Nusorn School menggunakan strategi kognitif dan dikolaborasi dengan
pembelajaran sains creativity. Guru menggunakan media dalam proses
pembelajaraan dan juga tugas akhir berupa problem based learning (PBL). Selain
itu, dari sisi guru juga melakukan diskusi untuk merencanakan kegiatan
pembelajaran setiap 2 minggu untuk merencanakan literasi awal pembelajaran,
menyiapkan kegiatan inti, dan menyiapkan evaluasi pembelajaran berupa kuis
tanya jawab. Terdapat tiga tahapan implementasi berupa kegiatan pendahuluan, inti
dan penutup (refleksi). Evaluasi dalam penerapan strategi kognitif dalam
pembelajaran sains creativity terdapat dua tahapan yaitu evaluasi saat pembelajaran
dan di akhir pembelajaran.
Kata Kunci: cognitive strategies, creativity science, Singhanakhon Wittaya Nusorn
School Thailand