View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Penerapan Strategi Kognitif Dalam Pembelajaran Sains Creativity Anak Usia Dini di Singhanakhon Wittaya Nusorn School Thailand

No Thumbnail [100%x80]
View/Open
Publish (1.859Mb)
Fulltext (5.533Mb)
Date
2025-02-10
Author
Sholihah, Annisa Aulia Putri
Metadata
Show full item record
Abstract
Peneliti melakukan terkait penerapan strategi kognitif dalam pembelajaran sains creativity. Tujuan dari melakukan penelitian meliputi: 1) Mendeskripsikan perencanaan strategi kognitif guru dalam pelaksanaan kegiatan belajar sains creativity pada anak usia dini di Singhanakhon Wittaya Nusorn School Thailand. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan strategi kognitif guru dalam kegiatan belajar sains creativity pada anak usia dini di Singhanakhon Wittaya Nusorn School Thailand. 3) Mendeskripsikan evaluasi strategi kognitif guru dalam pelaksanaan kegiatan belajar sains creativity pada anak usia dini di Singhanakhon Wittaya Nusorn School Thailand. Penelitian ini berlookasi di Singhanakon Wittaya Nusorn School Thailand. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang melitputi kondensasi data, reduksi data, dan penyajian data. Sedangkan untuk keabsahan data meliputi perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini bahwa pembelajaran di Singhanakhon Wittaya Nusorn School menggunakan strategi kognitif dan dikolaborasi dengan pembelajaran sains creativity. Guru menggunakan media dalam proses pembelajaraan dan juga tugas akhir berupa problem based learning (PBL). Selain itu, dari sisi guru juga melakukan diskusi untuk merencanakan kegiatan pembelajaran setiap 2 minggu untuk merencanakan literasi awal pembelajaran, menyiapkan kegiatan inti, dan menyiapkan evaluasi pembelajaran berupa kuis tanya jawab. Terdapat tiga tahapan implementasi berupa kegiatan pendahuluan, inti dan penutup (refleksi). Evaluasi dalam penerapan strategi kognitif dalam pembelajaran sains creativity terdapat dua tahapan yaitu evaluasi saat pembelajaran dan di akhir pembelajaran. Kata Kunci: cognitive strategies, creativity science, Singhanakhon Wittaya Nusorn School Thailand
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11535
Collections
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

NoThumbnail