View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Medicine
  • UT - Medical Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Medicine
  • UT - Medical Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Perbedaan Kognitif dan Motivasi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Praktikum Anatomi Tulang Metode Peer Assisted Learning Blok Fisiologi Muskuloskeletal Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang

Thumbnail
View/Open
publish (1.324Mb)
fulltext (4.929Mb)
Date
2025-01-25
Author
Ramadhani, Anisa Karunia
Metadata
Show full item record
Abstract
Pendahuluan: Pembelajaran praktikum di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang sudah berjalan baik, namun keterbatasan tutor dan waktu belajar yang singkat menjadi tantangan. Metode Peer Assisted Learning (PAL) diharapkan dapat menjadi solusi. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh metode PAL terhadap kognitif dan motivasi belajar dalam praktikum anatomi tulang. Metode: Penelitian ini adalah studi quasi-experiment pretest-posttest control group design dengan 50 responden yang dipilih melalui metode purposive sampling. Perlakuan yang diberikan berupa pembelajaran metode PAL dalam praktikum anatomi tulang yang diberikan pada 25 mahasiswa sebagai kelompok perlakuan (Kp), dengan 25 mahasiswa lain sebagai kelompok kontrol (Kk) menerima pembelajaran dari dosen anatomi. Instrumen penelitian meliputi modul PAL, soal pretest-posttest, dan kuesioner Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ). Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat perbedaan kemampuan kognitif dan motivasi belajar sebelum dan sesudah perlakuan, dilanjutkan dengan uji Mann-Whitney untuk membandingkan kemampuan kognitif dan motivasi antara kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Dikatakan signifikan jika nilai p<0,05. Hasil: Pada Kk terdiri dari 6 laki-laki dan 19 perempuan, sedangkan Kp terdiri dari 7 laki-laki dan 18 perempuan. Selisih nilai posttest dan pretest kemampuan kognitif untuk Kk 10,4, untuk Kp 20,4 dan motivasi untuk Kk 5,48, Kp 10,88. Terdapat perbedaan signifikan untuk kemampuan kognitif sebelum dan sesudah pembelajaran dengan positive rank yang lebih tinggi pada Kp (n = 19 mahasiswa; p 0,000) dibandingkan Kk (n = 17 mahasiswa; p 0,000). Tidak terdapat perbedaan signifikan pada motivasi belajar kedua kelompok p-value untuk Kk 0,449 dan untuk Kp 0,241. Terdapat perbedaan signifikan antara Kk dan Kp dalam kemampuan kognitif dan motivasi sebelum dan sesudah praktikum (p-value 0,012 dan 0,015). Kesimpulan: Metode PAL meningkatkan kemampuan kognitif, tetapi tidak meningkatkan motivasi belajar mahasiswa kedokteran pada praktikum anatomi jika dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11784
Collections
  • UT - Medical Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group