Peranan Academic Fraud Sebagai Variabel Moderating Dalam Hubungan Faktor-Faktor Penentu Sikap Etis Mahasiswa
Abstract
Studi ini bertujuan untuk meneliti bagaimana sikap etis mahasiswa dipengaruhi oleh tingkat kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual mereka, dengan kecurangan akademik sebagai faktor moderasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada responden. Penelitian ini mengambil sampel mahasiswa S1 jurusan Akuntansi tahun 2020 di Universitas Islam Malang, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, dan Universitas Negeri Malang. Hasil dari penelitian ini adalah kecerdasan intelektual berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap sikap etis mahasiswa, kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap etis mahasiswa, kecerdasan spiritual berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap etis mahasiswa, kecurangan akademik tidak mampu memoderasi pengaruh antara kecerdasan intelektual terhadap sikap etis mahasiswa, kecurangan akademik tidak mampu memoderasi pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap sikap etis mahasiswa, dan kecurangan akademik tidak mampu memoderasi pengaruh antara kecerdasan spiritual terhadap sikap etis mahasiswa.