Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Family Environment, Dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Malang Angkatan 2020)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengetahuan kewirausahaan, lingkungan keluarga, dan penggunaan media sosial terhadap minat berwirausaha mahasiswa Universitas Islam Malang angkatan 2020 yang telah lulus mata kuliah kewirausahaan. Pengetahuan berwirausaha, lingkungan keluarga, dan penggunaan media sosial dianggap sebagai variabel independen, sedangkan minat berwirausaha mahasiswa sebagai variabel dependen. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan memanfaatkan data numerik. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner. Populasi sasarannya adalah mahasiswa Universitas Islam Malang, dengan besar sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Malhotra sehingga diperoleh 85 responden. Hipotesis diuji melalui berbagai analisis statistik antara lain statistik deskriptif, pengujian instrumen, uji normalitas, uji asumsi klasik, analisis regresi yang dimoderasi, dan pengujian hipotesis menggunakan SPSS Versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan kewirausahaan, lingkungan keluarga, dan penggunaan media sosial berpengaruh terhadap berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa.