Pengaruh Corporate Governance Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Yang Dimoderasi Oleh Pengungkapan Corporate Sosial Responsibility
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tata kelola perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan yang dimoderasi oleh pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Tata kelola perusahaan dan profitabilitas dianggap sebagai variabel independen, nilai perusahaan sebagai variabel dependen, dan tanggung jawab sosial perusahaan sebagai variabel moderasi. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Data sekunder diperoleh melalui laporan tahunan perusahaan. Populasi sasarannya adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2021, dengan besar sampel ditentukan menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh 50 perusahaan yang memenuhi kriteria. Hipotesis diuji melalui berbagai analisis statistik antara lain statistik deskriptif, pengujian instrumen, uji normalitas, uji asumsi klasik, analisis regresi yang dimoderasi, dan pengujian hipotesis menggunakan SPSS Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Corporate Governance dan Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kemudian Corporate Social Responsibility tidak mampu memoderasi Corporate Governance terhadap nilai perusahaan, dan Corporate Social Responsibility mampu memoderasi Profitabilitas terhadap nilai perusahaan.