Show simple item record

dc.contributor.authorMurniati, Agus
dc.date.accessioned2020-12-23T04:04:13Z
dc.date.available2020-12-23T04:04:13Z
dc.date.issued2020-07-10
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1217
dc.description.abstractBahan ajar yang menarik adalah bahan ajar yang mampu mengaktifkan peserta didik untuk belajar dengan motivasi yang tinggi karena ketertarikan pada bahan ajar yang dapat menyuguhkan tampilan menarik seperti teks, gambar, video, suara, dan animasi serta membantu peserta didik belajar dimanapun dan kapanpun tanpa harus terikat dengan jam pelajaran. Oleh karena itu perlu adanya suatu bahan ajar yang tepat, salah satu berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang Bermuatan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)dan Kompetensi Abad 21. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan, mendiskripsikan hasil pengembangan, dan mendiskripsikan hasil uji coba pengembangan dari bahan ajar interaktif ini pada kelompok kecil. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan (R&D) adalah model ADDIE. Dalam analisis pengembangan ini, angket kebutuhan guru diberikan kepada 4 guru mata pelajaran matematika, dan angket kebutuhan peserta didik diberikan kepada 136 peserta didik dari tiga sekolah. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 validator ahli materi yang berperan dalam memvalidasi materi, 1 validator ahli desain dan media pembelajaran yang berperan dalam memvalidasi produk dari segi tampilan, grafis, tompol, warna, dan ukuran huruf, 4 validator praktisi (pendidik/guru) yang berperan dalam memvalidasi produk dari segi kesesuaian materi dengan konsep dan tujuan pembelajaran, bahasa, ejaan, dan kejelasan petunjuk dari produk, dan 10 pengguna (user) yang terdiri dari peserta didik kelas VIII SMP/MTs. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah 1) proses pengembangan bahan ajar ini terdiri dari lima tahap yaitu, a) tahap analisis (Analysis) berisikan empat langkah, yakni analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis materi, dan analisis konsep, b) tahap perencanaan (Design) yang terdiri dari menyusun dan pemprograman bahan ajar interaktif, serta menyusun instrumen penelitian, c) tahap pengembangan (Development) dilakukan dengan memberikan instrumen kepada validator ahli dan praktisi, d) tahap implementasi (Implementation) yaitu bahan ajar ini sudah dinyatakan valid, dan e) tahap evaluasi (Evaluation) yaitu menganalisa tanggapan dari praktisi dan pengguna (user) kesimpulannya produk bahan ajar interaktif ini dapat memudahkan dalam penggunaan maupun pemahaman materi; 2) Hasil pengembangan pada penelitian ini adalah bahan ajar interaktif berbasis Realistic Mathematics Education yang bermuatan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Kompetensi Abad 21 pada materi statistika kelas VIII dan produk yang dinamai “Barter Statis”. Bahan ajar interaktif ini berisi halaman pembuka dan menu yang terdiri dari beberapa bagian, yaitu a) beranda, berisikan KI, KD, IPK, Mantul, b) materi, berbasis Realistic Mathematics Education dan bermuatan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) serta Kompetensi Abad 21 (4C), c) kuis, d) profil, dan e) petunjuk bahan ajar. Dari hasil data yang diperoleh, pengguna (user) menyatakan nilai rata-rata total menunjukkan nilai 3,8. Bahan ajar ini dinyatakan dapat membantu pengguna (user) dalam memahami materi statistika. Produk bahan ajar interaktif ini mempunyai implikasi yang baik dikarenakan mengaitkan matematika dengan masalah kehidupan sehari-hari (RME), membantu memperkuat karakter dengan kata-kata penyemangat (motivasi) yang dibaca oleh pengguna (user) sehingga secara tidak langsung memperkuat karakter mereka, dan juga soal latihan yang mereka kerjakan bermuatan 4C yang melatih pola pikir dalam berpikir kritis dan kreatif serta softskill dalam berkomunikasi dan berkolaborasi; 3) Hasil uji coba dalam penelitian ini berdasarkan hasil penilaian semua validator yang mendapatkan nilai rata-rata 3,44 dan hasil dari respon pengguna (user) yang dilakukan kepada 10 peserta didik kelas VIII mendapatkan nilai rata-rata 3,8. Sehingga bahan ajar interaktif berbasis Realistic Mathematics Education yang bermuatan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Kompetensi Abad 21 pada materi statistika kelas VIII dapat dinyatakan valid dan layak digunakan. Saran dari peneliti semoga produk bahan ajar interaktif ini dapat dimanfaatkan lebih maksimal lagi, peneliti menyarankan kepada pendidik (guru) setidaknya dapat menciptakan suasana belajar yang mendukung peserta didik, serta peserta didik dapat menggunakan bahan ajar interaktif ini sebagai alternatif belajar secara mandiri yang dapat melatih dan mengaktifkan pola pikir serta softskill.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectBahan Ajar Interaktifen_US
dc.subjectRealistic Mathematics Education (RME)en_US
dc.subjectPenguatan Pendidikan Karakter (PPK),en_US
dc.subjectKompetensi Abad 21en_US
dc.subjectStatistikaen_US
dc.titlePengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang Bermuatan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Kompetensi Abad 21 pada Materi Statistika Kelas VIIIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record