dc.description.abstract | Dalam menulis buku teks pelajaran atau bahan ajar harus memiliki kesesuaian isi
yang telah ditetapkan oleh Badan Standar Nasioal Pendidikan (BSNP) yang meliputi
kesesuaian uraian materi dengan KI/KD, keakuratan materi, dan materi pendukung
pembelajaran. Dari ketiga kesesuaian isi ini mutlak harus di aplikasikan dalam
penulisan buku teks pelajaran. Guna menunjang tercapainya keberhasilan dalam
proses belajar mengajar di lembaga pendidikan sesuai dengan kurikulum yang
berlaku saat ini yaitu kurikulum 2013. Dengan demikian analisis ini merupakan
proses menilai kelayakan materi dari sebuah buku teks pelajaran bahasa Indonesia
yang dipilih yaitu buku teks pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD/MI. Adapun
demikian, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1)kelengkapan
materi (2)keluasan materi dan (3)kedalaman materi.
Dipilihnya Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas IV SD/MI sebagai sumber data
penelitian, hal itu disebabkan buku teks ini sudah menggunakan kurikulum terbaru
yaitu kurikulum 2013 yang dimana kelayakan atau kesesuaian harus dinilai atau
diuji. Sehingga dalam hal ini peneliti akan meneliti kesesuaian isi materi buku teks
pelajaran bahasa indonesia untuk kelas IV sekolah dasar dengan standar penulisan
butu teks menurut BSNP.
Untuk memperoleh hasil yang diharapkan peneliti menggunakan pendekatan
kualitatif yang dimana peneliti merupakan instrumen utama dalam mengumpulkan
data dan mengintrepretasikan data dengan observasi buku teks. Dalam pengumpulan
data ini peneliti menggunakan teknik pencatatan atau penilaian pada hasil
pengamatan.
Kemudian untuk mempermudah peneliti dalam mengumpulkan data hasil analisis
buku teks pelajaran, diperlukan hasil penilaian dengan cara menskor atau dengan
memberikan angka juga kategori. Kegiatan ini ditujukan agar peneliti mudah
mendapatkan penilaian yang akurat. Penskoran pada penelitian ini menggunkan angka
satu sampai dengan empat. Angka satu dengan kategori tidak sesuai, angka dua dengan
kategori kurang sesuai, angka tiga dengan kategori sesuai, dan angka empat dengan
kategori sesuai. Analisis dengan memberikan skor ini bertujuan untuk mengetahui hasil
perhitungan angka kesesuaian materi yang meliputi kelengkapan materi, keluasan
materi, dan kedalaman materi sebuah buku teks pelajaran bahasa Indonesia kelas IV
SD/MI berdasarkan kurikulum 2013.
Hasil penelitian ini adalah kesesuaian materi buku teks pelajaran bahasa Indonesia
untuk anak kelas IV sekolah dasar memiliki standar dalam penulisannya kesesuaian isi
buku yang dinilai penliti yaitu (1) hasil analisis kelengkapan materi (2) hasil analisis
keluasan materi, dan (3) hasil analisis kedalaman materi. Hasil rata-rata dari kegiatan
memberikan skor pada penilaian adalah angka tiga dan empat yaitu dengan kategori
sesuai yang dapat dikatakan buku itu layak atau sesuai digunakan untuk buku ajar di
SD/MI kelas IV.
Temuan dalam penelitian yang dilakukan dengan menggunakan buku teks bahasa
Indonesia kelas IV SD/MI menunjukkan bahwa buku ini dapat digunakan sebagai
sumber bahan ajar yang sesuai dengan standar Badan Standar Nasional Pendidikan
(BSNP) kurikulum 2013. Dengan ini maka buku ini mampu memberikan kemudahan
pemahaman dengan kesesuaian standar materi yang berlaku. Oleh karena itu guru
disarankan untuk mengadakan penelaahan terlebih dahulu sebelum menggunakan buku
untuk bahan pembelajaran selain itu guru juga harus memiliki referensi buku pelajaran
bahasa Indonesia lain untuk pengembangan materi. | en_US |