View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Indonesian Language Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Indonesian Language Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Analisis Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Buku Teks Kelas IV SD/MI Berdasarkan Standar Penulisan Buku Teks

Thumbnail
View/Open
Cover, Abstrak, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka (1.886Mb)
Date
2020-08-06
Author
Febriani, Liyan
Metadata
Show full item record
Abstract
Dalam menulis buku teks pelajaran atau bahan ajar harus memiliki kesesuaian isi yang telah ditetapkan oleh Badan Standar Nasioal Pendidikan (BSNP) yang meliputi kesesuaian uraian materi dengan KI/KD, keakuratan materi, dan materi pendukung pembelajaran. Dari ketiga kesesuaian isi ini mutlak harus di aplikasikan dalam penulisan buku teks pelajaran. Guna menunjang tercapainya keberhasilan dalam proses belajar mengajar di lembaga pendidikan sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini yaitu kurikulum 2013. Dengan demikian analisis ini merupakan proses menilai kelayakan materi dari sebuah buku teks pelajaran bahasa Indonesia yang dipilih yaitu buku teks pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD/MI. Adapun demikian, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1)kelengkapan materi (2)keluasan materi dan (3)kedalaman materi. Dipilihnya Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas IV SD/MI sebagai sumber data penelitian, hal itu disebabkan buku teks ini sudah menggunakan kurikulum terbaru yaitu kurikulum 2013 yang dimana kelayakan atau kesesuaian harus dinilai atau diuji. Sehingga dalam hal ini peneliti akan meneliti kesesuaian isi materi buku teks pelajaran bahasa indonesia untuk kelas IV sekolah dasar dengan standar penulisan butu teks menurut BSNP. Untuk memperoleh hasil yang diharapkan peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang dimana peneliti merupakan instrumen utama dalam mengumpulkan data dan mengintrepretasikan data dengan observasi buku teks. Dalam pengumpulan data ini peneliti menggunakan teknik pencatatan atau penilaian pada hasil pengamatan. Kemudian untuk mempermudah peneliti dalam mengumpulkan data hasil analisis buku teks pelajaran, diperlukan hasil penilaian dengan cara menskor atau dengan memberikan angka juga kategori. Kegiatan ini ditujukan agar peneliti mudah mendapatkan penilaian yang akurat. Penskoran pada penelitian ini menggunkan angka satu sampai dengan empat. Angka satu dengan kategori tidak sesuai, angka dua dengan kategori kurang sesuai, angka tiga dengan kategori sesuai, dan angka empat dengan kategori sesuai. Analisis dengan memberikan skor ini bertujuan untuk mengetahui hasil perhitungan angka kesesuaian materi yang meliputi kelengkapan materi, keluasan materi, dan kedalaman materi sebuah buku teks pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD/MI berdasarkan kurikulum 2013. Hasil penelitian ini adalah kesesuaian materi buku teks pelajaran bahasa Indonesia untuk anak kelas IV sekolah dasar memiliki standar dalam penulisannya kesesuaian isi buku yang dinilai penliti yaitu (1) hasil analisis kelengkapan materi (2) hasil analisis keluasan materi, dan (3) hasil analisis kedalaman materi. Hasil rata-rata dari kegiatan memberikan skor pada penilaian adalah angka tiga dan empat yaitu dengan kategori sesuai yang dapat dikatakan buku itu layak atau sesuai digunakan untuk buku ajar di SD/MI kelas IV. Temuan dalam penelitian yang dilakukan dengan menggunakan buku teks bahasa Indonesia kelas IV SD/MI menunjukkan bahwa buku ini dapat digunakan sebagai sumber bahan ajar yang sesuai dengan standar Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) kurikulum 2013. Dengan ini maka buku ini mampu memberikan kemudahan pemahaman dengan kesesuaian standar materi yang berlaku. Oleh karena itu guru disarankan untuk mengadakan penelaahan terlebih dahulu sebelum menggunakan buku untuk bahan pembelajaran selain itu guru juga harus memiliki referensi buku pelajaran bahasa Indonesia lain untuk pengembangan materi.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1225
Collections
  • UT - Indonesian Language Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group