Show simple item record

dc.contributor.authorIfadah, Ayuni
dc.date.accessioned2020-12-26T01:58:34Z
dc.date.available2020-12-26T01:58:34Z
dc.date.issued2020-06-13
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1228
dc.description.abstractPelaksanaan pendidikan ini tidak hanya diberikan kepada peserta didik reguler, melainkan menyeluruh termasuk peserta didik yang diidentifikasi memiliki kelainan yaitu anak berkebutuhan khusus. Pemerintah telah mengupayakan pendidikan yang layak untuk anak berkebutuhan khusus. Pendidikan kerapa memiliki hubungan erat dengan kemampuan berpikir. Higher Order Thinking Skills (HOTS) adalah kegiatan berpikir yang tidak terpaku pada level hafalan dan penyampaian informasi yang telah diketahui, tetapi juga keahlian mengonstruksi, memahami, dan mengubah pengalaman untuk memecahkan permasalahan. Melatih peserta didik dalam berpikir tingkat tinggi berarti menyiapkan pribadi berkualitas diera global. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan penyusunan soal HOTS pasa Ujian Tengah Semester di program inklusi prodi Akomodasi Perhotelan.SMKN 2 Malang. Data yang dianalisis berjumlah 150 butir soal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif studi kasus, yaitu metode yang melibatkan peneliti secara langsung untuk menganalisi data yang sedang diteliti. Setelah data terkumpul dari hasil pengamatan dideskripsikan dalam bentuk kata-kata. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan langkah-langkah konversi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyusunan soal berbasis HOTS cukup diimplementasikan oleh guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Telah memenuhi indikator kognitif HOTS. Indikator yang sering ditemykan kurang memenuhi dalam penelitian ini adalah indikator pemenuhan syarat mengenai pemberian stimulus pada soal yang sering kali belum menerapkan materi yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa (pembelajaran kontekstual). Karakteristik soal yang diimplementasikan masih terbatas pada satu jenis yaitu pilihan ganda. Dari 150 soal terdapat 58 butir soal HOTS, 30 butir soal MOTS, 56 butir soal LOTS. Simpulan dari penelitian ini, penerapan butir soal HOTS masih harus diimplementasikan lebih sesuai dengan indikator penyusunan soal yang berstimulus kontekstual. Kesesuaian indikator HOTS pada butir soal memuhi hanya saja pada pembagian materi sedikit terbatas. Karakteristik soal menggunakan jenis soal satu jenis yaitu piihan ganda.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectAnalisisen_US
dc.subjectHOTSen_US
dc.subjectPendidikan Inklusien_US
dc.titleTelaah Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Penyusunan Soal Bahasa Indonesia Program Inklusi SMKN 2 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record