View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Indonesian Language Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Indonesian Language Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Telaah Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Penyusunan Soal Bahasa Indonesia Program Inklusi SMKN 2 Malang

Thumbnail
View/Open
Cover, Abstrak, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka (2.165Mb)
Date
2020-06-13
Author
Ifadah, Ayuni
Metadata
Show full item record
Abstract
Pelaksanaan pendidikan ini tidak hanya diberikan kepada peserta didik reguler, melainkan menyeluruh termasuk peserta didik yang diidentifikasi memiliki kelainan yaitu anak berkebutuhan khusus. Pemerintah telah mengupayakan pendidikan yang layak untuk anak berkebutuhan khusus. Pendidikan kerapa memiliki hubungan erat dengan kemampuan berpikir. Higher Order Thinking Skills (HOTS) adalah kegiatan berpikir yang tidak terpaku pada level hafalan dan penyampaian informasi yang telah diketahui, tetapi juga keahlian mengonstruksi, memahami, dan mengubah pengalaman untuk memecahkan permasalahan. Melatih peserta didik dalam berpikir tingkat tinggi berarti menyiapkan pribadi berkualitas diera global. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan penyusunan soal HOTS pasa Ujian Tengah Semester di program inklusi prodi Akomodasi Perhotelan.SMKN 2 Malang. Data yang dianalisis berjumlah 150 butir soal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif studi kasus, yaitu metode yang melibatkan peneliti secara langsung untuk menganalisi data yang sedang diteliti. Setelah data terkumpul dari hasil pengamatan dideskripsikan dalam bentuk kata-kata. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan langkah-langkah konversi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyusunan soal berbasis HOTS cukup diimplementasikan oleh guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Telah memenuhi indikator kognitif HOTS. Indikator yang sering ditemykan kurang memenuhi dalam penelitian ini adalah indikator pemenuhan syarat mengenai pemberian stimulus pada soal yang sering kali belum menerapkan materi yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa (pembelajaran kontekstual). Karakteristik soal yang diimplementasikan masih terbatas pada satu jenis yaitu pilihan ganda. Dari 150 soal terdapat 58 butir soal HOTS, 30 butir soal MOTS, 56 butir soal LOTS. Simpulan dari penelitian ini, penerapan butir soal HOTS masih harus diimplementasikan lebih sesuai dengan indikator penyusunan soal yang berstimulus kontekstual. Kesesuaian indikator HOTS pada butir soal memuhi hanya saja pada pembagian materi sedikit terbatas. Karakteristik soal menggunakan jenis soal satu jenis yaitu piihan ganda.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1228
Collections
  • UT - Indonesian Language Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group