Show simple item record

dc.contributor.authorNurlailah, Dzikriatu
dc.date.accessioned2021-01-02T02:08:41Z
dc.date.available2021-01-02T02:08:41Z
dc.date.issued2020-08-07
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1229
dc.description.abstractDalam penelitian ini dilatar belakangi mengenai bagaimana pengaruh persepsi tentang pembelajaran sastra terhadap kemampuan menganalisis porosa fiksi siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Turi Kabupaten Lamongan. Pembelajaran yang wajib dilakukan oleh semua jenjang pendidikan adalah pembelajaran Bahasa Indonesia. Adapun pembelajaran Bahasa Indonesia memiliki dua bagian yaitu pembelajaran bahasa dan sastra. Adapun tentang pembelajaran Bahasa Indonesia memiliki tujuan untuk memperluas wawasan mereka, meningkatkatkan kemampuan siswa dalam berbicara atau berkomunikasi mengunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar, serta menghargai Bahasa Indonesia dan tak lupa menumbuhkan rasa apresiasi siswa terhadap sastra Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan,(1) untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap pembelajaran sastra Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Turi Kabupaten Lamongan, (2) untuk mendeskripsikan kemampuan menganalisis prosa fiksi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Turi Kabupaten Lamongan, (3) untuk mendeskripsikan pengaruh persepsi siswa tentang pembelajaran sastra terhadap kemampuan menganalisis prosa fiksi Siswa Kelas VIII SMP Negeri1 Turi Kabupaten Lamongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan metode penelitian Ex-post facto. Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh antara variabel bebas yaitu persepsi tentang pembelajaran sastra terhadap fariabel terikat yaitu kemampuan menganalisis prosa fiksi. Pendekatan yang akan digunakan dalam penelitian adalah mengunakan pendekatan kuantitatif, karena data yang akan disajikan dalam penelitian ini berupa angka. Pada penelitian ini saya pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Jika populasi siswa Kelas VIII SMP Negri 1 Turi Kabupaten Lamongan adalah 240 siswa, maka taraf yang akan diambil yaitu 40% dari total siswa sebagai sampel, sehingga sampel yang diambil peneliti dalam penelitian ini berjumlah 96 siswa . Kemudian pengambilan sampel ini diambil secara random (acak) pada SMP Negeri 1 Turi Lamongan. Hasil penelitian ini di karena inggin mengetahui ada atau tidaknya yang berpengaruh dari persepsi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Turi Kabupaten Lamongan, tentang pembelajaran sastra terhadap kemampuan menganalisis prosa fiksi. Pada SPM Negeri 1 Turi merupakan sekolah negeri favorit untuk masyarakat Kecamatan Turi sekitarnya. Pada dasarnya seperti sekolah pada umunya, sekolah SMP Negeri 1 Turi juga mengajarkan pada siswa tentang pelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil analisis data dengan bantuan program SPSS versi 22 dapat dilihat rata- rata yang terdapat di (mean) persepsi adalah 40.00, (minimum) 32, dan (maximum) 48, yang sudah diketahui mengenai variabel persepsi tentang pembelajaran sastra masuk dalam sebuah kategori baik dengan persentase 65% sehigga persepsi tentang pembelajaran sastra siswa adalah baik. Sedangkan hasil penelitian yang berkaitan dengan kemampuan menganalisis prosa fiksi berdasarkan hasil analisis data dengan bantuan aplikasi SPSS versi 22 yang dapat dilihat rata- rata yang terdapat di (mean) persepsi adalah 28,41, (minimum) 20, dan (maximum) 48, yang sudah diketahui mengenai variabel kemampuan menganalisis prosa fiksi masuk dalam jumlah persentase 60%. Kemampuan menganalisis prosa fiksi bagi siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Turi Kabupaten Lamongan, memiliki kategori tinggi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPersepsien_US
dc.subjectPembelajaran Sastraen_US
dc.subjectKemampuan Menganalisis Prosa Fiksien_US
dc.titlePengaruh Persepsi Pembelajaran Sastra Terhadap Kemampuan Menganalisis Prosa Fiksi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Turi Kabupaten Lamonganen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record