Pengaruh Persepsi Pembelajaran Sastra Terhadap Kemampuan Menganalisis Prosa Fiksi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Turi Kabupaten Lamongan
Abstract
Dalam penelitian ini dilatar belakangi mengenai bagaimana pengaruh persepsi
tentang pembelajaran sastra terhadap kemampuan menganalisis porosa fiksi siswa
Kelas VIII SMP Negeri 1 Turi Kabupaten Lamongan. Pembelajaran yang wajib
dilakukan oleh semua jenjang pendidikan adalah pembelajaran Bahasa Indonesia.
Adapun pembelajaran Bahasa Indonesia memiliki dua bagian yaitu pembelajaran
bahasa dan sastra. Adapun tentang pembelajaran Bahasa Indonesia memiliki
tujuan untuk memperluas wawasan mereka, meningkatkatkan kemampuan siswa
dalam berbicara atau berkomunikasi mengunakan Bahasa Indonesia dengan baik
dan benar, serta menghargai Bahasa Indonesia dan tak lupa menumbuhkan rasa
apresiasi siswa terhadap sastra Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan,(1) untuk mendeskripsikan
persepsi siswa terhadap pembelajaran sastra Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Turi
Kabupaten Lamongan, (2) untuk mendeskripsikan kemampuan menganalisis
prosa fiksi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Turi Kabupaten Lamongan, (3) untuk
mendeskripsikan pengaruh persepsi siswa tentang pembelajaran sastra terhadap
kemampuan menganalisis prosa fiksi Siswa Kelas VIII SMP Negeri1 Turi
Kabupaten Lamongan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan metode penelitian
Ex-post facto. Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh antara variabel
bebas yaitu persepsi tentang pembelajaran sastra terhadap fariabel terikat yaitu
kemampuan menganalisis prosa fiksi. Pendekatan yang akan digunakan dalam
penelitian adalah mengunakan pendekatan kuantitatif, karena data yang akan
disajikan dalam penelitian ini berupa angka. Pada penelitian ini saya pengambilan
sampel dengan menggunakan simple random sampling. Jika populasi siswa Kelas
VIII SMP Negri 1 Turi Kabupaten Lamongan adalah 240 siswa, maka taraf yang
akan diambil yaitu 40% dari total siswa sebagai sampel, sehingga sampel yang
diambil peneliti dalam penelitian ini berjumlah 96 siswa . Kemudian pengambilan
sampel ini diambil secara random (acak) pada SMP Negeri 1 Turi Lamongan.
Hasil penelitian ini di karena inggin mengetahui ada atau tidaknya yang
berpengaruh dari persepsi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Turi Kabupaten
Lamongan, tentang pembelajaran sastra terhadap kemampuan menganalisis prosa
fiksi. Pada SPM Negeri 1 Turi merupakan sekolah negeri favorit untuk
masyarakat Kecamatan Turi sekitarnya. Pada dasarnya seperti sekolah pada
umunya, sekolah SMP Negeri 1 Turi juga mengajarkan pada siswa tentang
pelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil analisis data dengan bantuan
program SPSS versi 22 dapat dilihat rata- rata yang terdapat di (mean) persepsi
adalah 40.00, (minimum) 32, dan (maximum) 48, yang sudah diketahui mengenai
variabel persepsi tentang pembelajaran sastra masuk dalam sebuah kategori baik
dengan persentase 65% sehigga persepsi tentang pembelajaran sastra siswa adalah
baik. Sedangkan hasil penelitian yang berkaitan dengan kemampuan menganalisis
prosa fiksi berdasarkan hasil analisis data dengan bantuan aplikasi SPSS versi 22
yang dapat dilihat rata- rata yang terdapat di (mean) persepsi adalah 28,41,
(minimum) 20, dan (maximum) 48, yang sudah diketahui mengenai variabel
kemampuan menganalisis prosa fiksi masuk dalam jumlah persentase 60%.
Kemampuan menganalisis prosa fiksi bagi siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Turi
Kabupaten Lamongan, memiliki kategori tinggi.