Strategi Bimbingan Baca Tulis Al-Quran (BTQ) Melalui Metode Jibril Bagi Siswi Kelas X C SMA Al-Rifaie Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Azizah, Luluk
dc.date.accessioned 2021-01-02T03:15:40Z
dc.date.available 2021-01-02T03:15:40Z
dc.date.issued 2020-06-23
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1270
dc.description.abstract Dalam kehidupan sehari-hari seorang muslim tidak akan luput dari tuntunan dan ajaran Al-Quran, karena sejatinya Al-Quran merupakan pedoman serta rahmatan lil Alamin bagi seluruh umat manusia di dunia. Untuk seorang muslim memiliki kewajiban untuk mempelajari Al-Quran dan mengamalkannya, adapun implementasi hukum hukum yang ada didalamnya di aplikasikan di kehidupan nyata. Metode baca tulis Al-Quran yang dilaksanakan di SMA AlRifaie Gondanglegi Malang menggunakan metode jibril yang di maksud dengan metode jibril adalah metode membaca Al-Quran dengan cara pendidik membacakan ayatnya satu ayat atau waqaf sesuai dengan perintah Alloh yaitu secara tartil, dengan dua tahapan tarqiq dan tartil yang sesuai dengan makhorj dan tajwidnya kemudian siswi menirukan taqliq bacaan gurunya sesuai dengan yang di contohkan. Setelah bacaan siswi sesuai dengan kaidah pembacaan Alquran ayat tersebut di jabarkan satu persatu tajwid dan makhorijul hurufnya. Kemudian siswi menyetorkan bacaannya Alquran yang di baca kan tadi kepada gurunya dan ditanyai kandungan ayat, tajwid dan makhorijul hurufnya. Dalam berlangsungnya kegiatan belajar dan mengajar tentunya sangat dibutuhkan strategi pembelajaran. Kegiatan belajar mengajar akan lebih sempurna dengan adanya strategi belajar. Dari latar belakang tersebut maka fokus penelitian yang di ambil yakni bagaimana perencanaan proses pembelajaran baca tulis AlQuran (BTQ) melalui metode jibril di SMA Al-Rifaie, bagaimana pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Quran (BTQ) melalui metode jibril di SMA Al-Rifaie, bagaimana pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Quran (BTQ) melalui metode jibril di SMA Al-Rifaie Adapun tujuan penelitian yakni mendeskripsikan proses pembelajaran baca tulis Al-Quran (BTQ) melalui metode jibril di SMA Al-Rifaie, mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Quran (BTQ) melalui metode jibril di SMA Al-Rifaie, mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Quran (BTQ) melalui metode jibril di SMA Al-Rifaie. Sesuai analisis data yang didaptkan maka dapat diketahui perencanaan proses pembelajaran Al-Quran melalui metode jibril di SMA Al-Rifaie dibagi menjadi kelas kelas yang disesuaikan dengan kempuan siswi, terdapat target pembelajaran dan pembagian alokasi waktu, serta sistem setoran individu yang dilaksanakan di akhir pertemuan setiap harinya, dan evalusi pada setiap pertengahan dan akhir semester. Hasil kesimpulan peneliti ini menunjukkan metode jibril adalah metode membaca Al-Quran dengan cara pendidik membacakan ayatnya satu ayat atau waqaf sesuai dengan perintah Alloh yaitu secara tartil, dengan dua tahapan tarqiq dan tartil yang sesuai dengan makhorj dan tajwidnya kemudian siswi menirukan taqliq bacaan gurunya sesuai dengan yang di contohkan. Setelah bacaan siswi sesuai dengan kaidah pembacaan Alquran ayat tersebut di jabarkan satu persatu tajwid dan makhorijul hurufnya. Kemudian siswi menyetorkan bacaannya Alquran yang di baca kan tadi kepada gurunya dan ditanyai kandungan ayat, tajwid dan makhorijul hurufnya. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject Baca Tulis Al-Quran en_US
dc.subject Metode Jibril en_US
dc.title Strategi Bimbingan Baca Tulis Al-Quran (BTQ) Melalui Metode Jibril Bagi Siswi Kelas X C SMA Al-Rifaie Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account